Distan Sosialisasikan Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Lahan dan Kebun

Martapura, InfoPublik – Kebakaran lahan akhir bulan lalu sering terjadi di wilayah Kabupaten Banjar, ini merupakan efek dari musim kemarau yang cukup panjang pada tahun ini. Kebakaran lahan ini mengakibatkan rusaknya sebagian lahan perkebunan yang terbakar dan ini sangat merugikan bagi para petani.


Salah satu langkah dalam pencegahan adanya kebakaran lahan dan kebun, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pembinaan kepada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di Aula Dinas, Kamis (26/10/2023).


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan kebun di wilayah Kabupaten Banjar, oleh karena itu diperlukan juga meningkatkan kapasitas kelembagaan dan pemberdayaan SDM petugas kebakaran.


Selaku Narasumber Yayan dari BPBD menjelaskan penanganan bencana karhutla di Kabupaten Banjar di antaranya menyebarluaskan informasi bencana media cetak dan elektronik, memantau situasi dan kondisi potensi ancaman karhutla dilapangan dan menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk antisipasi kebakaran.


Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pertanian Nashrullah Shadiq, Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty dan KTPA se-Kabupaten Banjar. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar