Koordinasi Lintas Sektor Kampanye Campak Rubella, HPV, DT dan Td di Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar Koordinasi Lintas Sektor dan Sosialisasi Kampanye Campak Rubella, HPV, DT dan Td di Kabupaten Banjar, dengan melibatkan Dinas Pendidikan sebagai sasaran kegiatan, di aula Disdik Banjar, Martapura, Rabu (20/9/2023).

 

Kegiatan ini salah satu upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam bidang kesehatan adalah upaya pembinaan peserta didik melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). UKS adalah segala usaha yang dilakukan dalam meningkatkan kesehatan peserta didik pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK/MA.

 

Kepala Dinkes Banjar drg.Yasna Khairina mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada Kepala Dinas Pendidikan beserta jajaran yang mendukung kegiatan ini dan berharap seluruh pihak untuk dapat menjadi promotor dan petugas promosi bagi semua kalangan Masyarakat, ajak keluarga, tetangga, teman, dan para anak peserta didik untuk mendukung program imunisasi ini.

 

Sebagai bagian dari UKS, pada tahun 1997 telah dicanangkan pelaksanaan pemberian imunisasi lanjutan bagi anak usia sekolah dasar yang disebut sebagai Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Sasaran BIAS adalah peserta didik kelas 1, 2, 5 dan 6 SD/MI/bentuk lain yang sederajat dan anak usia sekolah yang tidak sekolah. Jenis imunisasi yang diberikan pada pelaksanan BIAS bertujuan untuk mencegah penyakit Campak, Rubela, Difteri, Tetanus Neonatorum, dan Kanker leher rahim yang merupakan masalah kesehatan di Indonesia.

 

Imunisasi dalam kegiatan BIAS sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit Tetanus, Difteri, Campak, Rubela dan Kanker leher rahim yang dapat menyebabkan disabilitas dan kematian. Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap, tidak hanya imunisasi pada saat bayi dan dibawah usia dua tahun, tetapi juga harus dilengkapi dengan imunisasi lanjutan pada anak usia sekolah tingkat dasar.

 

Pemberian imunisasi pada peserta didik di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/bentuk lain yang sederajat dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Agustus untuk imunisasi Campak Rubela dan HPV serta bulan November untuk imunisasi DT dan Td. Kegiatan BIAS bertujuan memberi imunisasi kepada anak usia sekolah agar terhindar dari penyakit Campak, Rubela, Tetanus, Difteri dan Kanker leher rahim.

 

Tujuan khusus:

 

1.         Meningkatkan kekebalan anak usia sekolah terhadap penyakit Campak, Rubela, Tetanus, dan Difteri.

2.         Memberikan kekebalan bagi anak perempuan usia sekolah terhadap penyakit Kanker leher rahim.

3.         Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit Campak, Rubela, Tetanus, Difteri dan Kanker leher rahim.

 

(IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar