Bakesbangpol Banjar Gelar Sosialisasi Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Parpol 2023

Martapura,Infopublik - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar  menggelar sosialisasi mengenai laporan  pertanggungjawaban bantuan dana partai politik tahun 2023 yang berlangsung di Aula Bakesbangpol  Banjar, Selasa (5/9/2023).

Kepala Badan Kesbangpol Banjar Safrin Noor menyampaikan semoga bantuan keuangan kepada partai politik ini dapat dimanfaatkan secara proporsional dan profesional, transparan dan dapat dipergunakan dalam pembinaan politik di Kabupaten Banjar ini.



Selain itu, menurut Safrin bantuan keuangan kepada partai politik untuk meningkatkan kesadaran partai politik, agar dapat melaporkan penggunaan dana bantuan keuangan kepada pemerintah tepat waktu dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga terciptanya tertib administrasi bantuan keuangan kepada partai politik.

"Hendaknya format pertanggung jawaban jangan sampai lepas format karna berpotensi menjadi temuan, setiap temuan Negara pasti memberikan kesempatan untuk memperbaiki dan diberi waktu dalam 60 hari untuk menyelesaikan temuan itu dan tetap mematuhi hukum yang berlaku, apabila tidak mempertanggung jawabkan temuan itu dan BPK wajib melimpahkan hasil temuan itu," ujarnya.

Oleh karena itu, ditekankan Safrin momentum hari ini sangatlah penting dan strategis, karena bantuan keuangan partai politik itu mulai dari perencanaan sampai pada pelaporan dengan tahapan tahapan itu akan dapat menghadirkan pendidikan politik di Kabupaten Banjar akan semakin baik lagi.

Ditambahkan narasumber Muzni fauzi dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Kal-Sel mengatakan Peran penting partai bagi kelangsungan demokrasi, harapan berkurangnya korupsi oleh kader parpol, dan  jangan sampai adanya kasus fraud,



UU No. 2 Tahun 2008 jo UU No. 2 Tahun 2011, Pasal 34A,   Partai    Politik    wajib menyampaikan    laporan pertanggungjawaban   penerimaan   dan   pengeluaran yang   bersumber   dari   dana   bantuan   Anggaran Pendapatan   dan   Belanja   Negara   dan   Anggaran Pendapatan   dan   Belanja   Daerah   sebagaimana dimaksud  dalam  Pasal  34  ayat  (1)  huruf  c  kepada Badan  Pemeriksa  Keuangan  secara  berkala  1  (satu) tahun sekali untuk diaudit paling lambat 1 (satu) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Belanja hibah juga berupa pemberian bantuan keuangan kepada partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Besaran penganggaran belanja bantuan keuangan kepada partai politik dimaksud sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

 Untuk diketahui, Kewajiban Parpol Pasal 4 Ayat (1), Setiap parpol yang menerima bantuan keuangan wajib menyerahkan laporan pertanggungjawaban kepada BPK
Pasal 5 Penyerahan Laporan Pertanggungjawaban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) dilakukan 1 (satu) tahun sekali paling lambat 1 (satu) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Pasal 6 Ayat (2) Penyerahan Laporan Pertanggungjawaban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibuktikan dengan tanda terima.



Pemeriksa tidak dapat memperoleh bukti yang cukup dan tepat dan kemungkinan  dampaknya material dan meluas di seluruh LPJ banparpol.

Acara dilanjutkan sesi tanya jawab bersama peserta dari partai politik kabupaten Banjar yang mewakili. (Brigade/Bakesbangpol/Yati)


Komentar