Aksi Tanam 7.000 Bibit Mangrove pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Tanah Laut, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar mengikuti kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) tahun 2023 yang dilaksanakan di desa Sungai Bakau Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Senin (5/6/2023).

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dipimpin oleh United Nations Environment Programme (UNEP) serta Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. sejak didirikan pada tahun 1973. Harling pertama kali diperingati pada tahun 1973.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan bahwa bumi ini semakin tahun semakin panas oleh karena itu, dengan program revolusi hijau yang sudah kita canangkan bertahun-tahun yang lalu ini menjadi program yang sangat penting sekali tentunya juga dalam rangka mengantisipasi paling tidak mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.



Kepala DLH Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan untuk mengajak kepedulian dan kesadaran dunia untuk mengambil tindakan bagi perlindungan alam dan bumi Tema tahun ini adalah solusi untuk polusi plastik.

Ditambahkannya bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk aksi dan kampanye dalam pengelolaan hidup khususnya masalah sampah plastik dan perubahan iklim kami merasa penting hal ini terus digaungkan untuk penyadar tahuan pentingnya kelola sampah dan menjaga ekosistem demi keberlanjutan fungsi lingkungan hidup.

Dalam Kegiatan hari Lingkungan Hidup Sedunia ini juga dilaksanakan secara serentak penanaman bibit pohon mangrove sebanyak 7.000 bibit pohon oleh Pemprov Kal-Sel, Forkompinda pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Perwakilan DPRKPLH Kabupaten Banjar, Pihak Swasta serta masyarakat di wilayah tersebut.



Tindakan mendesak diperlukan dalam menangani Polusi plastik dan dampaknya yang merugikan bagi kesehatan, ekonomi, dan lingkungan tidak dapat diabaikan kita membutuhkan solusi yang benar, efektif dan kuat. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar