Menuju Genta Organik, Distan Banjar Gelar Pendidikan dan Pelatihan Penyuluh Pertanian

Martapura, InfoPublik - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggencarkan Gerakan Tani Pro Organik (Genta Organik), di antaranya melalui pemanfaatan teknologi informasi. 

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melalui Bidang Penyuluhan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi penyuluh pertanian, di Aula Distan Banjar, Senin (22/5/2023).

Kabid Penyuluhan Pertanian Retno Sri Murwani mengatakan hal ini dilakukan karena penyuluh merupakan garda terdepan dalam peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pesaing untuk swasembada pangan dan penerapan teknik pertanian modern.

Dijelaskannya, Genta Organik terobosan BPPSDMP, merupakan gerakan pertanian yang meliputi penggunaan pupuk organik, pupuk hayati, bahan pembenah tanah, dan penerapan pemupukan berimbang sebagai solusi pemupukan yang mahal.

"Tujuan genta organik di antaranya menyuburkan tanah-tanah Indonesia untuk meningkatkan produksi pertanian di saat harga pupuk mahal, menerapkan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan, menekan biaya produksi pertanian dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia," jelas Retno.

Menurut Retno, dengan memaksimalkan genta organik, diharapkan BPP juga dapat melakukan penguatan kelembagaan penyuluhan khusunya di Kabupaten Banjar.

Kegiatan dilaksanakan selama Lima hari dari 22-26 Mei 2023, dihadiri para peserta pelatihan dari PPL se-Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar