Edukasi Jemaah Calon Haji, Dinkes Banjar Berikan Pendampingan Kesehatan

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar berikan bimbingan manasik haji bagi jemaah reguler ditingkat Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan, di Musala Silaturahmi Pujirahayu Martapura, Selasa (9/5/2023).

Kegiatan tersebut bagi jemaah dari kecamatan Martapura, Aranio dan Karang Intan. Dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit.

Dalam hal ini Dinkes Banjar memberikan pembinaan kesehatan dipimpin Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi  Noripansyah bersama Hj.Faulina Rahmiati Kepala Seksi Data Infokes dan SDMK.

dr.Heru Wahyudi sebagai Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang akan memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jamaah haji kelompok terbangnya sejak di Kabupaten Banjar, di asrama embarkasi, selama perjalanan, selama tinggal di arab Saudi sampai kembali lagi ke asrama debarkasi. 

"Para Jemaah haji agar selalu menjaga kesehatan baik fisik maupun mental sebelum keberangkatan, menjelang keberangkatan, saat keberangkatan, di embarkasi dan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci," pinta dia.

Dikatakan, Perbedaan cuaca di daerah kita tentunya tidak sama dengan cuaca di Mekkah dan Madinah. Sehingga para Jemaah haji harus menyiapkan diri sebelum keberangkatan dengan meningkatkan stamina, melengkapi vaksin meningitis dan covid 19, mengatur diet dan pola hidup sehat, bawaan tidak perlu berlebihan, istirahat yang cukup, membawa barang-barang yang diperlukan, obat-obatan dan Alat Pelindung Diri (APD). 

"Sehingga pada saat melaksanakan ibadah haji dapat berjalan lancar ,kembali ke tanah air tetap dalam kondisi yang baik, mencegah transmisi penyakit menular dan pulang dengan meraih gelar haji dan hajah mabrur. Haji Sehat Haji Mabrur Insyaallah," tutup dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar