Dishut Kalsel Bersama DPRKPLH Banjar Gelar Rakor Revolusi Hijau 2023

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Revolusi Hijau bersama Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Banjar 2023, di Aula K.H. Kasyful Anwar Disdik Banjar, Senin (17/4/2023) 

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Banjar Hilman, Fatimatuzzahra Kepala Dishut Kalsel, Kepala KPH Kayu Tangi Mursal Kadis PRKPLH Banjar PT LG Elektronik Indonesia Cabang Banjarmasin, Camat Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Banjar

Fatimatuzzahra menyampaikan terkait Gerakan Revolusi Hijau yang dicanangkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada 7 Februari 2016 yang disahkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2018 tentang instruksi kepada semua komponen dan stakeholder untuk bersama sama menanam dan memelihara pohon.

"Hasil yang telah dicapai dalam program Revolusi Hijau terjadi penurunan lahan kritis hingga 2022  yakni pada 2013 lahan kritis di Kalsel terdata 640 ribu hektare, 2018 terdata 511 ribu hektare dan 2022 terdata 478 hektare.

Sementara itu, Bupati Banjar yang diwakili Sekda Banjar Hilman menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada semua pihak yang terlibat aktif dalam persiapan kegiatan ini, baik secara perseorangan maupun kelembagaan terutama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ditambahkannya bahwa Program Revolusi Hijau merupakan salah satu program utama untuk mendukung keberhasilan pembangunan bidang kehutanan di Provinsi Kalimantan Selatan dan telah mendapat pengakuan dari pemerintah pusat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai pilot project (Percontohan) Program pelestarian lingkungan secara nasional.

Dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut juga dilakukan penandatanganan secara simbolis Nota Kesepahaman antara KPH Kayu Tangi dengan Kepala Desa untuk saling mendukung pelaksanaan program Revolusi Hijau sehingga

Kegiatan ini juga diikuti oleh pihak swasta dari LG Eletronik yang menyerahkan bibit pohon buah dari berbagai jenis, seperti mangga durian, Alpukat, manggorove dan yang lainnya sebanyak 32.000 bibit pohon yang dibagi menjadi 3 Titik yakni Jakarta, Palembang dan untuk Kabupaten Banjar sebanyak 13.000 bibit.

Dengan terealisasinya program Revolusi Hijau (Revjo) dari Dishut Kalsel dan Program Menanam Bersama Manis dari DPRKPLH Banjar ini maka akan menjadikan Kabupaten Banjar Manis, Maju Mandiri dan Agamis dapat tercapai. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar