Distan Banjar Terima Kunker Dinas Pertanian Kabupaten Tapin

Martapura, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Saranan Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan mendampingi kunjungan kerja Dinas Pertanian Kabupaten Tapin ke Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Maju Bersama Kecamatan Mataraman, Kamis (23/2/2023).

Kegiatan kunjungan Dinas Pertanian Kabupaten Tapin ini adalah dalam rangka widyawisata dan study tiru hilirisasi pengolahan karet yaitu karet sit asa (RSS), dengan membawa peserta dari Dinas, Penyuluh PPL dan Petani UPPB di Kabupaten Tapin.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan diskusi dan demonstrasi cara pengolahan sit asap, dari pengenceran asam semut, volume lateks, volume air, perlakuan pengolahan hingga pengasapan, peserta dari Kabupaten Tapin juga langsung bisa mempraktekkan dan mencoba mengolah sit asap yang langsung dibimbing oleh ketua UPPB Maju Bersama Tugino.

Kabid Sarana Pertanian Nurul Chatimah mengatakan produk karet sit asap (RSS) adalah komoditi karet yang bertahan disaat harga karet bokar lump mangkok anjlok, sit asap bisa menjadi alternatif olahan karet karena mempunyai pasar tersendiri tanpa ketergantungan pabrik crumb rubber.

"Namun disisi lain olahan karet sit asap memang ada SOP pengolahan yang perlu dilalui sehingga banyak petani yang masih ingin praktis mendapatkan uang sehingga memproduksi lump mangkok yang tidak repot olahannya, padahal dilihat dari sisi harga sudah ada selisih dari keret lump mangkok per Kg dapat harga Rp. 7.000,- sedangkan sut asap RSS per Kg harga Rp. 22.000,-, posisi saat harga sekarang," jelas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar