Pembinaan Terhadap Pemerintah Desa di Kecamatan Gambut Terus Berlanjut

Martapura, InfoPublik - Tim Pembinaan Pemerintahan Desa Kecamatan Gambut kembali melakukan kunjungan ke Desa Guntung Ujung, Kamis, (27/10/2022).

Kunjungan dalam rangka monitoring dan pembinaan ini merupakan implementasi dari berbagai Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya terhadap Pambakal, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Lebih jauh disampaikan Kasi Pemerintahan selaku Sekretaris Tim Syahrani dalam kata pengantarnya, menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kunjungan yang ketiga ini adalah Desa Guntung Ujung.

Kunjungan dipimpin langsung Ketua Tim yang juga Sekcam Gambut H. Zakaria ke Desa Guntung Ujung yang dihadiri Pambakal Hasbullah, Sekdes Hidayat dan  Perangkat Desa lainnya dan Ketua BPD Zainuddin serta Anggota BPD.

Sambutan diawali oleh Pambakal Guntung Ujung yang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Tim yg berkenan melakukan pembinaan sekaligus diharapkan ikut menata tertibkan administrasi desa serta meningkatkan kapasitas Perangkat Desa.

Hadir sekaligus memberikan sambutan Kanit Binmas I Ketut Sukarta mewakili Kapolsek mengharapkan agar roda pemerintahan dan layanan terhadap masyarakat bisa berjalan lancar, kondisi kamtibmas aman, kondusif dan terkendali hingga aktivitas masyarakat berjalan normal, serta dimungkinkan di Tahun 2023 ada penambahan Bhabinkamtibmas di wilayah Kecamatan Gambut.

Sedangkan Sekretaris Kecamatan Gambut yang juga sekaligus Ketua H. Zakaria,  menyampaikan bahwa Kunjungan Pembinaan ini bentuk kesungguhan bersama dalam rangka perbaikan dan peningkatan Kecamatan Gambut ke depan dengan fokus, Harmonisasi hubungan antara Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, Buku Administrasi Pemerintahan Desa (27 buku), Administrasi BPD berupa Struktur Organisasi, Tata Tertib BPD dan Buku Administrasi (15 buku), Pelaksanaan Pembangunan Fisik berikut penyelesaian Administrasi Keuangannya, Data data terkait Kesejahteraan Sosial, Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat  seperti eksistensi dan kiprah  Kepala Lingkungan dan Linmas di Desa.

Hasil dari kunjungan ini didapatkan bahwa sebagian besar yang menjadi fokus terkait Administrasi Pemerintahan Desa maupun BPD yg disebutkan di atas sudah dimiliki dan sebagian sudah dapat dikerjakan  Pemerintahan Desa Guntung Ujung.

Hingga Tim patut memberikan apresiasi positif terhadap Pemerintahan Desa Guntung Ujung.

Tetapi ketidaklengkapan administrasi desa diakui oleh sekdes Guntung Ujung Rahmat Hidayat dikarenakan ketidakpahaman cara pengisian dan berharap kedepannya pembinaan dapat dilakukan acara terus menerus sehingga aparat desa dapat mengetahui tugas dan fungsi masing-masing sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan meningkat.

Tim juga didukung penuh para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa di bawah komando Iswara Wahyuni.

Pada bagian akhir ditegaskan Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut, bahwa di Tahun Anggaran 2023 dilakukan pengembangan dan pengkhususan kegiatan yang lebih difokuskan pada Pembinaan Sumberdaya Manusia baik untuk Pambakal, Perangkat Desa dan BPD, sistem Pengelolaan dan Pelaporan  Keuangan Desa dan Penatausahaan Aset Desa jelasnya.

Sesuai arahan Camat selaku Pembina Tim yang disampaikan Ketua Tim, mengharapkan agar monitoring, pembinaan bahkan hasil evaluasi dari Kunjungan Tim ini dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi Desa untuk perbaikan ke depan hingga roda pemerintahan berjalan baik, pembangunan berjalan lancar serta pelayanan terhadap masyarakat juga meningkat harapnya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar