Desa Proklim Balangan Study Banding Kelembagaan di Bank Sampah Sekumpul

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar kembali menerima kunjungan study banding dari Kabupaten Balangan terkait kelembagaan desa Proklim, Senin (26/9/2022)  bertempat di bank sampah kelurahan sekumpul.
 
berkesempatan hadir pada acara tersebut Gt. Marhusin Lurah Sekumpul yang memaparkan perjalanan Bank Sampah Sekumpul dari awal berdiri hingga saat sekarang.

"Dua Kunci yang harus dipegang yakni Sabar dan Tugul (Konsisten)," kata Lurah

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam peraturan menteri tersebut juga disinggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

Adapun jumlah rombongan Study Banding sebanyak 50 orang yang terdiri dari desa proklim yang berada di wilayah kabupaten balangan ini sebanyak 4 desa bersama dengan PT adaro selaku mitra proklim serta Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan sebagai pembina desa proklim.

Kabid Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan Desi mengatakan untuk menghadapi penilaian adipura salah satunya adalah harus memiliki beberapa desa proklim, maka dari itu kami berharap teman - teman dari desa bisa belajar sebanyak - banyaknya desa proklim kelurahan sekumpul, khususnya kelembagaan dalam pengelolaan bank sampah.

Sementara itu, DPRKPLH Kabupaten Banjar khususnya Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Kepala seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (KSDAPLH) Yunida Rosniar sebagai pembina desa proklim Kabupaten Banjar mendampingi bank sampah kelurahan sekumpul menyambut gembira kedatangan dari desa proklim Kabupaten Balangan karena kita bisa saling berbagi pengalaman.

Program kampung iklim (Proklim) adalah sebagai upaya dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca oleh pemerintah pusat dengan rencana capaian target 20.000 proklim di tahun 2024. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib)


Komentar