Pemantauan dan Evaluasi Kegiatan Intensifikasi Investigasi Kontak Rumah Tangga TB 2022

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melalui Bidang P2P Seksi P2PM melaksanakan Pemantauan dan Evaluasi Kegiatan Intensifikasi Investigasi Kontak Rumah Tangga Tuberkulosis (TB) yang di laksanakan dari 20 - 21 September 2022, di Puskesmas Martapura Timur dan Puskesmas Martapura 1.

Yang mana apabila ada kegiatan di desa, pambakal dan sekretaris desa dapat mengkoordinasikan ke perangkat desa tentang pentingnya pencegahan atau kesadaran apabila ada warga atau kontak serumahnya yang mengalami gejala batuk dsb, agar dapat langsung menghubungi petugas kesehatan di puskesmas wilayah setempat dan diberikan pengobatan TB yang tepat dan juga.

Pemberian Obat TPT (Terapi Pencegahan Tuberkulosis) pada kontak serumah penderita TB dan melakukan pemeriksaan tes mantoux serta berkoordinasi dengan puskesmas yang dapat melakukan tes tersebut yaitu puskesmas rujukan.

Gejala umum ditimbulkan oleh TBC di paru-paru antara lain:

Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu, Batuk darah atau dahak (dahak), Sakit dada, Mudah lelah dan lemah, Demam, Panas dingin, Keringat malam, Kehilangan nafsu makan dan Penurunan berat badan

Sementara, apabila TBC sudah menyebar ke organ lain dapat menyebabkan:

1. Darah dalam urin dan kehilangan fungsi ginjal, jika TB mempengaruhi ginjal

2. Sakit punggung dan kekakuan, kejang otot, dan ketidakteraturan tulang belakang jika TB mempengaruhi tulang belakang, mual dan muntah, Kebingungan, Kehilangan kesadaran, jika TBC menyebar ke otak.

Kegiatan ini juga dihadiri Kasi P2PM Dinkes Kab. Banjar, Wasor TB Dinkes Kab. Banjar, Pengelola program TB Puskesmas Martapura Timur dan Puskesmas Martapura 1, Technical Officer TB Dinkes Kab. Banjar dan Koordinator Kader. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar