Dinkes Banjar Gelar Bimtek Program PTM di UPT. Puskesmas Sungai Pinang

Martapura, InfoPublik - Tim dari Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa) Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan bimbingan teknis program penyakit tidak menular di UPT Puskesmas Sungai Pinang, Rabu (14/9/2022).

Kegiatan ini mencakup pelayanan Kesehatan usia produktif, pelayanan Kesehatan penderita hipertensi, pelayanan Kesehatan penderita diabetes melitus dan pelayanan Kesehatan orang dengan gangguan jiwa berat (ODGJ).

Selanjutnya tim bergerak menuju Posbindu PTM Desa Rantau Nangka Kecamatan Sungai Pinang. 

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa) Candra Galuh Tri Ardiani, mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan posbindu hari ini sebagai upaya meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. 

Ia beserta staf memberikan arahan tentang teknis pelaksanaan yang sesuai dengan standar pelayanan Posbindu PTM dan pentingnya pemeriksaan IVA untuk pencegahan Penyakit kanker leher Rahim (serviks) dan menghimbau agar rutin memeriksakan diri setiap tahun sehingga para kader dapat menjadi contoh (Role Model) bagi masyarakat desa tersebut.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menganalisa apakah  kegiatan program penyakit tidak menular (pelayanan Kesehatan usia produktif, pelayanan Kesehatan penderita hipertensi, pelayanan Kesehatan penderita diabetes melitus dan pelayanan Kesehatan orang dengan gangguan jiwa berat) dan kegiatan pelayanan kesehatan di Posbindu PTM Desa Rantau Nangka sudah dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan rencana awal (input, proses, output dan inovasi) yang disusun.

Pada kegiatan ini dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah penderita hipertensi, diabetes melitus dan ODGJ Berat untuk melihat dan menganalisa bagaimanakah pelayanan kesehatan yang diberikan, apakah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan standar. 

Pada kesempatan ini ditemukan kendala berupa kesulitan pasien ODGJ dalam administrasi untuk mendapatkan jaminan Kesehatan. Tim Bersama-sama dengan bidan desa dan pengelola program membantu menemukan solusi melalui mall pelayanan publik yang didukung dengan beberapa persyaratan berkas yang harus dilengkapi.

Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini, untuk selanjutnya diharapkan kegiatan Program-program Penyakit Tidak Menular, Pelayanan Kesehatan di Posbindu PTM Desa Rantau Nangka ini dapat terlaksana dengan baik dan sesuai standar pelayanan demi terwujudnya pelayanan Kesehatan yang terjangkau dan derajat Kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerja UPT Puskesmas Sungai Pinang. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar