BPP Gambut Laksanakan Ubinan Panen di Desa Makmur

Gambut, InfoPublik - Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Mawaddah dan PPL Desa Makmur Rabiatul Adawiyah dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Gambut laksanakan ubinan panen di dua Kelompok Tani di Desa Makmur Kecamatan Gambut, Selasa (6/9/2022).

Sedangkan ukuran ubinan adalah 2,5 x 25 m.

Hasil panen 4,9 ton/ ha lahan Kelompok Tani Alam Subur yang pada bulan Mei lalu lahan ini terserang tungro dengan intensitas sedang sampai berat. Sedang di lahan Kelompok Tani Suka Bagawi dengan hasil 4,4 ton/ ha.

Hal ini bisa dengan adanya kerja sama petani, Poktan dan Gerakan pengendalian hama oleh POPT, PPL, Pambakal dan Babinsa sejak awal serangan.

Menurut POPT Kecamatan Gambut Mawwadah droping bahan pengendali sudah disampaikan pada tanggal 28 Februari 2022.

"Adapun bahan Pengendali berupa Agen Pengendalian Hayati (APH) seperti PGPR, Pestisida Nabati dan Metarizep serta Insektisida yang berasal dari bantuan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura BPTPH Provinsi Kalimantan Selatan, pengendalian di desa Makmur dilaksanakan 13 Mei 2022,” kenang Mawwadah sambil menyudurkan beberapa foto.

Tanggapan Ketua Kelompok Tani Alam Subur Muhammad Zaini, Alhamdulillah tahun ini bisa panen saja, walaupun hasil panennya tidak semaksimal sewaktu tidak terserang penyakit tungro ini. 

“Varietas yang saya tanam adalah varietas padi lokal Siam Mayang, sangat-sangat rentan terhadap penyakit tungro. Tetapi setelah adanya upaya-upaya  pengendalian dari petani,  bersama petugas tanaman padi Siam Mayang ini bisa menghasilkan 2.8 kg hasil ubinan atau sama dengan 4,9 ton/ ha," ujar dia.

Koordinator BPP Kecamatan Gambut Hj. Wahidah merasa sangat bersyukur para petani di kecamatan Gambut bisa melaksanakan  panen padi mereka walau setelah terjadinya serangan wabah penyakit tungro.

"Berkat ikhtiar para petani yang tak kenal lelah dalam pelaksanaan pencegahan dan pengendalian baik secara mandiri maupun yang dilaksanakan bersama POPT dan penyuluh serta didukung oleh instansi terkait baik dari propinsi, kabupaten, kecamatan, pambakal serta aparat desa," ucap dia.

Menurut Wahidah, sudah ada di beberapa desa melaksanakan panen padi seperti di Kelurahan Gambut, Guntung Ujung, Makmur, Tambak Sirang Laut dan lainnya.

Hadir pada kegiatan ini Pambakal Desa Makmur Antung Syaidah, Babinsa Desa Makmur Safari, Ketua Kelompok Tani Alam Subur Muhammad Zaini dan beberapa anggota. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar