Sosialisasi Magang Peminatan Dinkes Banjar di UNISKA

Martapura, InfoPublik - Bertempat di Kampus Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin di Banjarbaru di laksanakan Sosialisasi Magang Peminatan dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA MAB Banjarmasin dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Rabu (24/8/2022).

 

Program magang institusi adalah kegiatan terstruktur yang ada pada Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Banjarmasin. Aktivitas ini berupa praktek kerja mahasiswa program sarjana (S1) kesehatan masyarakat pada instansi terkait. Program ini untuk semua peminatan dari mulai Kesehatan Lingkungan, Pendidikan kesehatan dan ilmu perilaku (PKIP), Epidemiologi, Gizi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

 

Acara ini mengundang para perwakilan kantor/Instansi yang akan digunakan sebagai tempat magang mahasiswa salah satunya dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, setidaknya dengan melakukan praktek magang, pendidikan tinggi diharapkan mampu menghasilkan sarjana yang akan mengisi posisi manajerial menengah sampai puncak dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang diperolehnya selama proses perkuliahan.

 

Melihat Kenyataan di lapangan seringkali menunjukan bahwa lulusan perguruan tinggi (fresh graduate) belum mampu secara optimal mengaplikasikan pengetahuan yang diadopsinya ke dalam dunia kerja. Hal itu, dikarenakan adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh dengan kenyataan di lapangan yang lebih kompleks terutama dalam manajemen di bidang kesehatan di rumah sakit, dinas kesehatan, puskesmas maupun program di LSM yang merupakan suatu institusi dengan sumber daya yang padat ilmu, padat teknologi dan padat karya.

 

Adapun tujuan dari kegiatan magang institusi adalah memberikan kemampuan kepada mahasiswa melalui kesepadanan pengetahuan yang diperoleh dengan fenomena yang ada di institusi yang relevan dengan bidang kesehatan.

 

Adapun manfaat yang akan diperoleh antara lain; membantu penyelesaian tugas-tugas kantor untuk kebutuhan di unit kerja masing-masing, mendapat alternatif calon tenaga kerja yang telah dikenal mutu dan kredibilitasnya.

 

Sedangkan bagi mahasiswa mendapatkan keterampilan di bidang manajemen dan teknis kesehatan masyarakat, mendapatkan pengalaman menggunakan metode analisis masalah yang tepat terhadap pemecahan masalah kesehatan masyarakat dan memperoleh bahan untuk penulisan skripsi. Magang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan pada program Sarjana Kesehatan Masyarakat.

 

Kegiatan ini adalah kegiatan belajar di lapangan yang dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa dalam menggunakan aplikasi teori ke dalam praktek lapangan. 

 

Dalam acara sosialisasi ini hadir Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yaitu ibu dr. Widya Wuri Utami ,MPH, dalam kesempatan ini beliau menyambut baik acara sosialisasi ini dan dalam kesempatan ini pula beliau menyampaikan beberapa masukkan kepada Pihak Rektor Universitas Uniska Banjarmasin, diantaranya adalah dalam menentukan tempat/wahana magang pihak universitas/kampus harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, sehingga dalam menempatkan mahasiswa praktik/magang ter arah sesuai dengan keinginan,

 

Ia juga menyampaikan pentingnya etika dalam penggunaan media sosial sekarang ini bagi para mahasiswa sebelum dan sesudah melakukan praktik/magang.

           

Dalam Acara sosialisasi ini pula Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar mengucapkan terima kasih kepada pihak Uniska Banjarmasin karena selama ini sudah memilih Wahana/ tempat magang di ruang lingkup/kerja di Dinas Kesehatatan Kabupaten Banjar. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar