Kecamatan Gambut, Panen Padi Lokal Usai Diserangan Hama Tungro

Gambut, InfoPublik - Berhasil panen padi lokal setelah serangan hama tungro di antarnya dua Kelompok Tani ini,  Poktan Karya Tani dan Padi Maurai Kelurahan Gambut Kecamatan Gambut, Sabtu (20/8/2022).

Sedang luasan lahan Poktan Karya Tani dan Padi Maurai yang dipanen pada tahun ini 70  Ha dengan hasil 196 ton GKP.

Hal ini bisa dengan adanya gerakan pengendalian oleh Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) dan PPL kecamatan Gambut sudah melakukan sejak serangan awal.

Untuk Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian Keluruhan Gambut dipegang langsung oleh Koordinator BPP Gambut Hj. Wahidah.

Selama awal tanam Kecamatan Gambut sudah 30 kali dilakukan gerakan pengendalian (penyemprotan massal) dan sosialisasi cara-cara untuk mengendalikan wereng hijau vektor dari virus tungro ini. Termasuk di Kelompok Tani Karya Tani Ketua dan Kelompok Tani Maurai.

Hal tersebut disampaikan Petugas POPT Kecamatan Gambut Mawaddah.

"Adapun bahan Pengendali berupa Agen Pengendalian Hayati (APH) seperti PGPR, Pestisida Nabati dan Metarizep serta Insektisida yang berasal dari bantuan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura BPTPH Provinsi Kalimantan Selatan,"ujar Mawaddah.

Menurut anggota Kelompok Tani Padi Maurai Aliansyah, Gerakan Pengendalian wereng hijau vektor dari virus tungro dulu memberi dampak yang baik bagi tanaman padinya. Tanaman padi bisa bertahan bahkan bisa sampai panen. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar