Distan Banjar Sambangi Tiga Lokasi Vaksinasi PMK

Martapura, InfoPublik - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini mewabah di Indonesia. Ribuan hewan ternak dilaporkan positif PMK. Beberapa hewan ternak juga dilaporkan mati akibat penyakit ini, Alhamdulillah Kabupaten Banjar masih zona hijau atau aman untuk penyakit ini.


Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melalui Bidang Kesehetan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner melaksanakan vaksinasi PMK pada sapi milik para peternak, Senin (25/7/2022)


Kecamatan Martapura Kota menjadi tujuan pertama vaksinasi dengan jumlah sekitar 300 dosis yang merupakan terdiri dari vaksin tahap-1 dan booster. Adapun hewan yang divaksin harus memenuhi persyaratan yakni harus dalam keadaan sehat, tidak dalam proses penyembuhan pasca sakit, dan telah disetujui oleh pemilik untuk divaksinasi.


Keesokan harinya pada Selasa (26/7/2022) kembali melakukan vaksinasi PMK, namun kali ini dengan tujuan ke daerah gunung yakni Kecamatan Sungai Pinang dan Kecamatan Telaga Bauntung dengan raihan jumlah ternak yang berhasil divaksin sebanyak 300 dosis yang semuanya merupakan vaksin tahap-1.


Bidang Keswan dan Kesmavet dalam kegiatan vaksinasi PMK ini dibagi menjadi 3 tim. Tim-1 yang dipimpin drh. M. Akbar Susanto menuju Kecamatan Telaga Bauntung. 


Tim-2 yang dikepalai drh. Asep Yusup. NS menuju Desa Sungai Kula dan Tim-3 yang dipimpin drh. Irina Natalena Osanti menjadikan Desa Kupang Rejo sebagai tujuan vaksinasi dengan Kelompok Tani Pemuda Bersama 7 Sungai yang mana untuk menuju desa tersebut harus benar-benar melalui 7 sungai yang tak memiliki jembatan, tim pun juga tidak dapat ke semua titik lokasi dengan kendaraan roda 4, alhasil tim dibantu dengan para peternak menuju titik lokasi kandang satu per satu menggunakan kendaraan roda 2.


Untuk diketahui, bahwa kegiatan vaksinasi PMK ini merupakan bentuk nyata Distan Kab Banjar dalam mencegah penularan virus PMK yang sedang menjadi trending topik dikalangan para peternak. 


Kabupaten Banjar diberikan amanah sebanyak 6.000 dosis yang diberitahukan melalui zoom meeting yang disampaikan oleh Kadisbunak Provinsi Kalsel, Hj. Suparmi.


"Pelaksanaan vaksinasi PMK di 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel dapat berjalan aman dan lancar, beliau juga mengingatkan untuk tetap mengutamakan keselamatan para petugas lebih dahulu dalam melakukan vaksinasi," imbuh Suparmi. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan/Syaripuddin)


Komentar