Seluruh Karyawan Dinkes Banjar Lakukan Deteksi Dini Faktor PTM, IVA dan Narkoba

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular, pemeriksaan IVA dan pemeriksaan skrining Narkoba tahun 2022, di Aula Dinkes Banjar, Martapura, Senin (20/6/2022).

Kegiatan ini diadakan melalui program dari seksi Pencegahan dan Pengendalian penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa).

Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh pegawai Dinas Kesehatan yang telah bersedia memeriksakan diri secara dini dalam kegiatan ini.

Kepala Seksi P2PTM dan Keswa Candra Galuh Tri Ardiani mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan kegiatan dalam rangka Bulan Deteksi Dini Faktor Risiko PTM yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular  yang dilakukan yaitu pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah dan gula darah,"ujar dia.

Ditambahkannya, untuk pemeriksaan skrining penyakit kanker leher rahim ( kanker serviks) dilakukan dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Acetat) terhadap karyawan Wanita usia 30-50 tahun. 

"Sedangkan pemeriksaan skrining narkoba dilakukan terhadap sampel urin (air kencing) seluruh karyawan karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang meliputi 6 parameter pemeriksaan, yaitu Amphethamine, Methamphethamine, Benzodiazephine, Coccaine, Morphine dan Tetrahidrocannabinol (THC),"tambah dia.

Adapun kegiatan ini dilakukan sebagai upaya promosi kesehatan dan diharapkan dapat menjadi contoh (Role Model) bagi masyarakat luas untuk pencegahan dan pengendalian secara dini penyakit tidak menular.

Yang juga bertujuan untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena penyakit tidak menular atau memiliki faktor risiko sehingga dengan diketahuinya faktor risiko secara dini maka pencegahan dan pengendalian penyakit tersebut dapat dilakukan. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar