Apel Pemkab Banjar, Kadinkes : Kebijakan Transformasi Sistem, Berfokus Perkuat Pamantauan Kesehatan per Desa

Martapura, InfoPublik – Lakukan pelayanan Komprehensif guna mendekatkan layanan kesehatan hingga tingkat desa agar memperkuat pemantauan situasi kesehatan per desa.

 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina SAAT MENJADI Inspektur pada apel gambungan Lingkup Pemkab Banjar, di Halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (13/6/2022).

 

Dikatakan Yasna Informasi terkait perkembangan, kinerja dan program-program yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Informasi tersebut di antaranya tentang keberadaan jumlah UPT. (Unit Pelaksana Teknis) yang tersebar di seluruh kecamatan Kabupaten Banjar sebanyak 27 Unit yaitu 25 UPT. Puskesmas dan 1 Laboratorium Keseahtan dan 1 Instalasi Farmasi Kesehatan(IFK).

 

Yang Mana dari 2018 selain UPT. Puskesmas Cintapuri dan Labkesda semua UPT (25) sudah terakreditasi, ini membuktikan bahawa semua pelayanan yang di berikan oleh UPT. Sudah standar mutu yang di persyaratkan oleh pemerintah,”ujar dia.

 

Yasna juga menjelaskan Informasi selanjutnya juga bahwa mulai tahun ini akan di lakukan kebijakan transformasi sistem kesehatan, yang antara lain adalah dengan cara integrasi pelayanan kesehatan primer, yaitu berfokus pada siklus hidup dengan pelayanan komprehensif, (selama ini berdasarkan penyakit, poli-poli, Poili KIA,Poli gigi dan lain-lain) yang akan datang mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa, serta memperkuat pemantaun wilayah setempat melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan per desa.

 

Ditambahkan Yasna informasi terakhir update tentang Covid -19, “Alhamdulillah saat ini kasus aktif sangat menurun. Kita berada pada level 1 dan dalam 2 minggu terakhir sempat tidak ada kasus baru, namun dalam 4 hari ini ada penambahan 6 kasus baru, 3 isolasi mandiri dan 3 dirawat dirumah sakit.

 

“Kita berharap tetap menjaga kesehatan baik lingkungan kerja dan keluarga agar tetap menjaga protokol kesehatan untuk menjaga penularan Covid-19, Kita juga membuka secara umum selama jam kerja bisa bervaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Lantai II,”pungkas dia. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar