Disdukcapil Banjar Gelar Sosialisasi Aplikasi SIAK Terpusat

Martapura, InfoPublik - Pelayanan administrasi kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Banjar mulai menerapkan aplikasi terbaru yaitu “SIAK Terpusat.


Dilansir dari laman resmi dukcapil.kemendagri.go.id, SIAK Terpusat merupakan sistem digitalisasi yang digunakan agar pelayanan administrasi kependudukan dapat terkoneksi dalam jaringan (daring) secara online. Sistem terpusat ini lebih efisien dari segi sistem keamanan siber dan dapat memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) lebih cepat dan mudah.


Selaras dengan arahan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, hadirnya inovasi berupa SIAK terpusat akan semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai Administrasi Kependudukan sebab, sebagai syarat utama dalam implementasi identitas digital, SIAK terpusat akan melakukan integrasi menjadi satu database pada pelayanan adminduk di berbagai daerah.


Aplikasi SIAK Terpusat diimplementasikan di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Banjar. Guna kelancaran dalam pelayanan administrasi kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Banjar menggelar kegiatan sosialisasi Aplikasi SIAK Terpusat di Aula Disdukcapil lantai 2, Jumat (20/5/2022).


Kegiatan dihadiri petugas operator administrasi kependudukan Disdukcapil Kabupaten Banjar dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar Azwar didampingi oleh jajaran terkait.


SIAK Terpusat merupakan inovasi Kemendagri untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus beragam adminduk di setiap daerah di Tanah Air.


Sistem SIAK Terpusat mengintegrasikan basis data kependudukan di seluruh daerah di Indonesia. Ini sangat memudahkan dan mempercepat proses layanan adminduk. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdukcapil)


Komentar