Sosialisasi Program YESS, Distan Banjar Dorong Petani Milenial Menjadi Wirausahawan Muda

Martapura, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) bersama Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Martapura Barat menggelar kegiatan Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) yang ada di Kabupaten Banjar, Senin (4/3/2024) pagi.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bidang Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian (Distan) Retno Sri Muwarni dalam hal ini diwakili Kasi Penyelenggaraan Penyuluhan Gusti Yudhi, KJF Pertanian HM. Nuruddin, Koordinator BPP Martapura Barat Danil Bangsawan dan Fasilitator Muda Martapura Barat M. Rosyad.

Kasi Penyelenggaraan Penyuluhan Gusti Yudhi mengatakan program Yess ini merupakan pengembangan kewirausahaan muda khususnya sektor pertanian.



Diterangkan Yudhi Kabupaten Banjar menjadi sasaran program Yess di 4 (empat) Provinsi di Indonesia Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Sedangkan Kalsel  Kab. Banjar, Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Hulu Sungai Selatan.

"Kami selaku pendamping dari Distan melakukan pendampingan pada program Yess di BPP Martapura Barat, dengan sasaran Penerima Manfaat sebanyak 30 orang dengan rentang usia 17 - 39 Tahun," ujar Yudhi.

Yudhi juga berharap dengan adanya program Yess ini dapat mengembangkan wirausahawan muda atau petani milenial nantinya bisa mengakses usaha-usaha permodalan yang bisa diberikan oleh stakeholder BPP, Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S), Balai Latihan Kerja (BLK), Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan lembaga pelatihan lainnya.



"Hari ini kami juga melakukan pendampingan di berbagai balai-balai penyuluh pertanian di Kabupaten Banjar untuk mendorong petani dan usahawan muda untuk berkembang dan berdaya saing di tengah kemajuan jaman saat ini," tutupnya. (Media Center Banjar/Yudhi/Man)


Komentar