Pengukuhan Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI)

Karang Intan, InfoPublik - Camat Karang Intan Muhamad Ilmi Mengukuhkan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) di Aula Serba Guna Desa Awang Bangkal Barat, Senin (31/1/2022).

 

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Banjar Komisi I Bapak Warhamni dan Bapak Mulkan Dapel 2 Karang Intan, Ketua Apdesi Bapak Abdul Basit serta seluruh anggota BPD se-Kecamatan Karang Intan.

 

Muhammad Ilmi menyampaikan bahwa tugas anggota BPD salah satunya adalah mengawal aspirasi masyarakat dan menjaga marwah atau menjaga nama baik pemerintahan desa.

 

“Pemerintahan desa mencakup dua kelembagaan yaitu pemerintahan desa itu sendiri Pambakal dan perangkatnya serta BPD sendiri. Yang kedua buat rencana kerja apa yang dalam satu tahun kedepan yang direncanakan supaya pekerjaan tersebut terarah dan terukur,”ujar Ilmi.

 

Ditambahkan Ilmi tercatat jumlah penduduk yang ada di Kecamatan Karang Intan sekitar 36 ribu jiwa, disamping potensi yang begitu besar dan problem yang juga besar. Apa permasalahan kita yang paling besar ketidakmampuan memanfaatkan potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat, angka kemiskinan kita masih 10% padahal kita disebut daerah kaya, mulai dari emas, intan, batu bara, batu gunung, uranium dan apa saja ada di karang intan, kalau alamnya tidak kalah dengan desa lain, tinggal bagaimana kita memanfaatkan menjadi sebuah potensi pendapatan asli desa.

 

Contoh sederhana bersama Pemerintahan Desa Awang Bangkal Barat menyusun sebuah peraturan desa yang insyaAllah satu satunya di Kabupaten Banjar yang sesuai dengan tata aturan yang baku, dengan peran Anggota BPD sehingga munculah seperti yang saya sampaikan tadi Rp4,5 Milliar/tahun menjadi target mereka. Yang dengan itu BPD juga akan menikmatinya walaupun porsi terbesarnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri,”ungkapnya.

 

Lebih lanjut ilmi mengatakan menindaklanjuti aspirasi masyarakat desa besok tanggal 7 Februari 2022 melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan Karang Intan yang InsyaAllah akan dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Banjar Saidi Mansyur. Dalam acara tersebut sampaikan apa kiranya yang menjadi permasalahan yang ada di Desa. (IP Kab. Banjar/Brigade Karang Intan/Umpeg Muhammad Abdirakhman).


Komentar