Kecamatan Gambut Tingkatkan Kapasitas Pambakal dan Perangkat Desa

Gambut, InfoPublik - Upaya dan ikhtiar meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan Pambakal dan Perangkat Desa secara simultan terus dilakukan Pemerintah Kecamatan Gambut.

Sebagaimana dilaksanakan upaya peningkatan kapasitas Pambakal dan Perangkat Desa melalui Seksi Pemerintahan Kecamatan Gambut di Aula Kecamatan Gambut, Selasa (26/3/2024).

Sebagai peserta kegiatan ini adalah Pambakal, salah seorang Kepala Seksi dari unsur Pelaksana Teknis dan salah seorang Kepala Lingkungan dari unsur Pelaksana Kewilayahan dari semua Desa di Kecamatan Gambut.

Pada kesempatan ini Camat Gambut yang diwakili Sekcam Gambut Ramdani menyampaikan bahwa pambakal dan perangkat desa menjadi satu kesatuan dalam sistem Pemerintahan Desa hingga pemahaman terhadap Tugas dan Fungsi masing-masing menjadi kata kunci bagi Pemerintahan Desa.

"Namun Pambakal tetap menjadi Pimpinan eksekutif tertinggi," ujarnya.

Ia berpesan manfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas bagi Pambakal dan Perangkat Desa  semua Desa di Kecamatan Gambut.

Bertindak selaku Narasumber pada kegiatan ini salah seorang Tenaga Ahli di Kabupaten Banjar Riningsih memaparkan terkait Tugas dan Fungsi Pambakal dan Perangkat Desa yang mengacu pada Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa.

Kasi Pemerintahan Syahrani beeharap agar Pambakal dan Perangkat Desa mampu menjalankan pemerintahan dengan baik melalui sinergi dan kolaborasi dalam upaya peningkatan layanan terhadap masyarakat tuturnya.

Dukungan penuh hadir diberikan para Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Gambut yang dikoordinatori Iswara Wahyuni. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar