Bimbingan Teknis Perbenihan Cabai Bersama BPTP Kalsel

Martapura, InfoPublik – Dinas Pertanian Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) perbenihan cabai di Desa 3A Kecamatan Simpang Empat, Sabtu (4/11/2022). 

 

Bimtek ini merupakan rangkaian kegiatan perbenihan komoditas cabai yang bertujuan untuk membekali petani dan calon petani penangkar cabai tentang bagaimana memproduksi benih cabai yang sehat, bermutu dan bersertifikat.

 

Adapun peserta bimtek diikuti 25 petani millenial anggota dari Gapoktan Kayuh Baimbai.

 

Umumnya peserta merupakan petani sayuran seperti cabai, tomat dan terong namun belum pernah mendapatkan pelatihan tentang penangkaran benih sayuran.

 

Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan Muhammad Amin mengatakan pentingnya kemampuan petani memproduksi benih cabai mengingat cabai merupakan komoditas yang seringkali memicu terjadinya inflasi di wilayah Kalsel.

 

“Selain itu cabai juga merupakan komoditas penting yang dapat menigkatkan pendapatan petani selain komoditas lainnya,” ungkap Amin. 

 

Pada kegiatan ini dihadiri Kasi Pengembangan Sarana Pertanian Gusti Rahmatullah, BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan dan Kepala BPP Simpang Empat beserta penyuluh, Gapoktan Kayuh Baimbai dan Tokoh Masyarakat. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar