Peningkatan Kualitas Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, RSUD Ratu Zalecha Capai 91,5%

BANJARBARU, InfoPublik - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura menggelar pertemuan ekspos hasil kinerja rumah sakit untuk triwulan ketiga tahun 2024, di Ballroom Hotel Aeris Banjarbaru, Jumat (8/11/2024).

 

Acara ini dihadiri oleh 45 peserta yang terdiri dari Dewan Direksi, manajemen, kepala ruangan, dan kepala instalasi rumah sakit. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Pelayanan, drg. Agus Dwi Karyanto, yang mewakili Direktur RSUD Ratu Zalecha.

 

Agus Dwi Karyanto menegaskan pentingnya kegiatan ini dalam upaya evaluasi dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit.

 

“Setiap fasilitas pelayanan kesehatan harus menjamin kesehatan dan keselamatan, baik terhadap sumber daya manusia di fasilitas kesehatan, pasien, pendamping pasien, pengunjung, maupun lingkungan sekitar dari potensi bahaya. Untuk itu, kita perlu melakukan evaluasi, perbaikan, dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan secara berkesinambungan,” ujar Agus panggilan beliau sehari hari.

 

Selain itu, Agus menambahkan bahwa pengukuran Indikator Mutu menjadi salah satu alat penting dalam menilai apakah upaya yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas layanan rumah sakit.

 

“Indikator Mutu ini tidak hanya berguna untuk memastikan kualitas pelayanan, tetapi juga untuk memberikan umpan balik, transparansi kepada publik, dan sebagai pembanding dalam mengidentifikasi praktik terbaik (best practice),” jelasnya.

 

Lebih lanjut, pengukuran Indikator Mutu juga digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi dinas kesehatan daerah dan Kementerian Kesehatan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan mutu pelayanan di fasilitas kesehatan.

 

Dalam pertemuan tersebut, dilaporkan bahwa hasil Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit (SPM RS) RSUD Ratu Zalecha untuk triwulan ketiga tahun 2024 mencapai 91,5%, sementara Indeks Nilai Mutu (INM) rumah sakit tercatat sebesar 84,6%. Angka ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit tersebut.

 

Kegiatan ini merupakan ajang untuk menyampaikan laporan SPM dan INM rumah sakit kepada para pemangku kepentingan, serta sebagai wadah untuk memperkuat komitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Ratu Zalecha ke depannya. (timbrigadehumasraza).


Komentar