Wujudkan Akuntabilitas Kinerja, Bappedalitbang Gelar Penilaian IKKI 2024

MARTAPURA, InfoPublik – Bappedalitbang Kabupaten Banjar menggelar pembahasan Penilaian Mandiri Indeks Kepatuhan Kinerja Intern (IKKI) Tahun 2024 untuk mengevaluasi dan memperkuat efektivitas serta akuntabilitas kinerja internal.

Acara ini dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris Bappedalitbang, Hanafi, serta dihadiri oleh seluruh pimpinan dan staf bidang sekretariat Bappedalitbang Kabupaten Banjar bertempat di aula Bauntung Bappedalitbang Banjar, Senin (28/10/2024).

Sekretaris Bappedalitbang, Hanafi menegaskan pentingnya IKKI sebagai alat evaluasi mandiri bagi perangkat daerah dalam memastikan setiap prosedur dijalankan sesuai standar yang telah ditetapkan.

“Penilaian ini bukan sekadar formalitas, melainkan suatu langkah konkret untuk memastikan bahwa kinerja kita sesuai dengan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi. Dengan penilaian ini, kita bisa mengidentifikasi kelemahan sekaligus memperkuat aspek yang sudah baik dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kasubbag Perencanaan, Muhammad Rizky Rifani, memberikan penjelasan mendalam terkait komponen-komponen yang menjadi fokus dalam penilaian IKKI. Ia menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan terhadap aturan dan standar yang berlaku di lingkungan Bappedalitbang.

“Latar belakang penilaian mandiri IKKI perangkat daerah merupakan bentuk tanggung jawab kita dalam meningkatkan kepatuhan kinerja dan transparansi di setiap kegiatan. Hal ini juga mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas,” tambahnya.

Para peserta yang hadir turut berdiskusi mengenai tantangan dan kendala dalam mencapai tingkat kepatuhan yang maksimal, serta membahas langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut. Diskusi ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan kinerja dan memperkuat efektivitas pelaksanaan tugas di bidang sekretariat.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong terciptanya lingkungan kerja yang lebih akuntabel dan profesional di Bappedalitbang Kabupaten Banjar, serta memastikan bahwa setiap tugas yang diemban terlaksana dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.(Ione/Bappedalitbang)


Komentar