Sasar Masyarakat di Tiga Kecamatan, DKUMPP Gelar Pelatihan Keterampilan Teknis Olahan Pangan

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan keterampilan teknis olahan pangan berbahan dasar perikanan, di Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil, Senin (28/10/2024).

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari dari 28 - 30 Oktober 2024, dengan tujuan Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) terfokus pada masyarakat di Kecamatan Sungai Tabuk, Kecamatan Martapura Barat dan Kecamatan Cintapuri Darussalam.

Kegiatan ini di buka oleh Kepala DKUMPP Banjar   I Gusti Made Suryawati, didampingi Kepala Bidang Usaha Mikro Rudy Mulyadi beserta jajarannya, yang diikuti oleh 30 peserta.

I Gusti Made Suryawati mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk memiliki keterampilan dalam mengolah hasil perikanan yang menjadi komoditas disekitar tempat tinggalnya.

"Dengan pelatihan ini diharapkan dapat mengatasi masalah kemiskinan yang ada pada masyarakat Kabupaten Banjar dengan cara menaikan pendapatan masyarakat," ujar Made.


Adapun narasumber pada kegiatan ini Kepala DKUMPP I Gusti Made Suryawati dengan materi kebijakan pemberdayaan UMKM, sementara perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurang (ULM) memaparkan secara detail materi tentang pengolahan abon, kerupuk dan albumen ikan haruan untuk para peserta pelatihan.


Komentar