Bimtek Penyuluh Pertanian Dorong Perluasan Areal Tanam di Kabupaten Banjar


Dalam upaya mendukung peningkatan produktivitas pertanian dan memperluas areal tanam di wilayah Kabupaten Banjar, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Penyuluh Pertanian.

Acara ini berlangsung selama 5 hari, mulai dari tanggal 21 sampai dengan 25 Oktober 2024 di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Banjar telah resmi ditutup, Jumat (25/10/2024).

Sebagai Narasumber dalam Bimtek ini adalah Tim dari Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kalimantan Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari penyuluh pertanian di BPP Kecamatan dan Penyuluh pertanian pada kelompok Jabatan Fungsional (KJF).

Bimtek ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para penyuluh dalam mendukung program pemerintah untuk Perluasan Areal Tanam serta penerapan teknologi pertanian modern.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, melalui Kasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Purnama Sarie dalam sambutannya menekankan pentingnya peran penyuluh pertanian sebagai garda terdepan dalam mengedukasi para petani. “Bimtek ini sangat penting untuk memastikan bahwa penyuluh pertanian kita siap mendukung program perluasan areal tanam. Dengan adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap para penyuluh pertanian karena kapasitas dan kapabilitas penyuluh pertanian yang handal sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan dan permasalahan dilapangan karena perannya yang sangat penting dalam keberhasilan pembangunan pertanian yang berhubungan langsung dengan petani,” ujar beliau.

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar merupakan lembaga yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sektor pertanian di wilayah Kabupaten Banjar. Dengan fokus pada peningkatan produksi pangan, kesejahteraan petani, serta penerapan teknologi pertanian berkelanjutan. Sehingga dengan adanya kegiatan Bimtek ini diharapkan menjadi langkah awal untuk memperkuat sinergi antara penyuluh, petani, dan pemerintah dalam mendukung program strategis nasional, khususnya dalam bidang pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan.
(Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar