Gambut bisa ikut dan selesaikan Rekonsiliasi Realisasi Pertanggungjawaban APBD Triwulan III

Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Banjar melalui Bidang Akutansi dan Pelaporan laksanakan Rekonsiliasi Realisasi Pertanggungjawaban Pelaksanaan ABPD Triwulan III di Ruangan Bidang Akutansi dan Pelaporan BPKPAD Kabupaten Banjar. Jum'at, (25/10/2024).



Sebagai fasilitator dari Tim Akutansi dan Pelaporan BPKPAD Kabupaten Banjar hadir Kasubbid Akuntansi Belanja dan Pembiayaan BPKPAD Puspitasari dan Staf Evaluasi Pelaporan Maisyarah.



Hadir sebagai peserta kegiatan semua SKPD se Kabupaten untuk melaksanakan rekonsiliasi, yang berkoordinasi dengan Tim Akutansi dan Pelaporan. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari. Kamis dan Jum'at, 24 - 25 Oktober 2024.



Semua peserta diwajibkan membawa, LRA, SPJ Fungsional, Laporan Penutupan Kas, dan Rekening Koran semuanya per September 2024 serta Rekap Pengembalian Belanja per Januari - September 2024.



Kecamatan Gambut dan kecamatan lainnya serta beberapa SKPD hadir jadwal di hari kedua.



Kecamatan Gambut mendapat beberapa catatan yang menyebabkan ketidakseimbangan antara Penutupan Kas dan Rekening Koran.



Catatan tersebut ada beberapa pajak daerah dan pusat tidak terlaporkan dalam SIPD Langkar. Juga ada penyetoran pajaknya diluar Triwulan III (awal Oktober 2024) yang sebaiknya disetor pada bulan berjalan, yaitu September 2024.



Bendahara pengeluaran Kecamatan Gambut Hairudin marasa bersyukur bisa menyelesaikan menyesuaikan beberapa catatan tersebut dan selesai hari ini juga. Ini berkat kerjasama pengelola Keuangan Kecamatan/ Kelurahan Gambut, ujarnya.



Kasubbid Akuntansi Belanja dan Pembiayaan BPKPAD Puspitasari, menyampaikan hendaknya semua SKPD melakukan cek terus-menerus, melakukan pengimputan belanja di aplikasi SIPD Langkar dan memperhatikan keseimbangan antara penutupan kas dan rekening koran setiap bulannya.



Bagi Kecamatan yang ada Kelurahannya harusnya menyampaikan BKU dan Penutupan Kas gabungan antara Kecamatan dan kelurahannya. Dan rekening koran kecamatan dan kelurahannya. Tambahnya. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar