RAPAT KOORDINASI FKUB KECAMATAN MATARAMAN

Kamis (24/10/2024) pukul 08.30 wita s.d selesai Camat Mataraman yang diwakilkan Sekretaris Camat Mataraman Hj. Noor Aida, S.Sos, MM membuka acara Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang bertempat di Aula Kecamatan Mataraman.

Acara ini dihadiri juga oleh Kapolsek Mataraman, Danposranmil Kecamatan Mataraman, Kepala KUA Kecamatan Mataraman, Seluruh Pambakal se Kecamatan Mataraman, Pemuka Agama Desa se Kecamatan Mataraman, Pengurus LPTQ Kecamatan Mataraman, Anggota FKUB se Kecamatan Mataraman.

FKUB adalah Forum yang dibentuk oleh Masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah atau Kecamatan untuk memelihara, membangun dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Sekretaris Camat Mataraman mengatakan bahwa FKUB sebagai mediator dan penyelaras serta memfasilitasi Masyarakat dalam keberagaman Agama khususnya di wilayah Kecamatan Mataraman.

Dalam Rapat Koordinasi kali ini membahas beberapa macam diskusi yaitu:

  1. Permasalahan terkait kerukunanan umat beragama di masing-masing Desa;
  2. Di setiap Desa diharapkan memiliki sertifikat masjid yang menjamin keamanan bagi kelangsungan masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan Masyarakat misalnya ha katas tanah yang digunakan untuk kepentingan Syiar Agama;
  3. Menindaklanjuti terkait usulan Masyarakat mengenai diadakannya seleksi untuk peserta Kafilah MTQ di setiap Desa yang nantinya akan diikutsertakan dalam kegiatan MTQ tingkat Kecamatan termasuk mengenai Panitia serta Juri yang akan menyeleksi;
  4. Setelah seleksi maka calon Peserta MTQtingkat Kecamatan akan dilakukan pembinaan/Pelatihan/Training Camp yang memerlukan pendanaan, tempat pelaksanaan serta waktu yang diperlukan.


Komentar