DPKP Banjar Inspeksi Sistem Proteksi Kebakaran Bangunan Gedung Hero

MARTAPURA, InfoPublik - Pengetahuan kesiapsiagaan bukan hanya dilakukan dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar saja, namun kesiapsiagaan pencegahan awal bisa dilakukan oleh siapa saja.

Dalam hal ini DPKP Banjar melaksanakan edukasi pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran kepada PT. HERO SUPERMARKET Tbk di Gedung Bangunan Hero Jalan Ahmad Yani KM.7, Kecamatan Kertak Hanyar, Rabu (16/10/2024).

Diterangkan Kepala DPKP Banjar Agus Siswanto kegiatan ini diawali dengan Inspeksi sistem proteksi kebakaran diarea gedung.



"Kami melakukan pemeriksaan dan uji coba sistem sarana proteksi kebakaran pada bangunan Supermarket Hero yaitu : Apar, Apab, Smoke Detector, Fire Alarm, Springkler, Hidran Bangunan, Hidran Halaman, Pompa Hidran, Reservoar," ujar Agus.

Selain itu, dikatakan Agus tim juga melakukan pemerikasaan Simbol safety yang terpasang pada bangunan gedung berupa : simbol jalur evakuasi dan simbol titik kumpul. Dan juga melakukan pemeriksaan proteksi sarana jalan keluar : Tangga Darurat, Pintu darurat dan Pencahayaan Darurat.

"Usai Inspeksi tim juga melatih karyawan pemahaman tanggap darurat kebakaran, berupa bahaya dan cara pencegahan. Mengenal intensitas api dan juga membekali penggunaan Apar serta hydrant baik gedung maupun halaman," terangnya.



Sementara pihak PT. Hero Supermarket Tbk sampaikan terima kasih kepada DPKP Banjar atas ilmu dan edukasi terkait pencegahan kebakaran.

"Ilmu ini akan bermanfaat bagi karyawan bagaimana pengetahuan keselamatan bekerja terutama tentang hal bahaya kebakaran agar selalu waspada dan tidak lalai yang menimbulkan kebakaran," katanya. 


Komentar