Pjs Bupati Banjar Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

MARTAPURA, InfoPublik - Pjs Bupati Banjar Akhmad Fydayeen mengingatkan pentingnya upaya deteksi dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) yang semakin menjadi tantangan. Hal tersebut disampaikannya  saat menjadi pembina apel Hari Kesadaran Nasional, di Halaman Kantor Bupati Banjar, Martapura, Kamis (17/10/2024) pagi.

Akhmad Fydayeen menjelaskan, pelayanan kesehatan di Indonesia semakin berat terutama akibat PTM seperti diabetes, hipertensi dan kanker. PTM adalah penyakit kronis yang memerlukan perawatan jangka panjang dan dapat dihindari melalui deteksi dini.


“Di Indonesia kanker leher rahim atau serviks menjadi penyebab kematian nomor dua setelah kanker payudara. Berdasarkan data Globocan 2020 terdapat lebih dari 36.000 kasus kanker serviks di Indonesia dengan 21.000 kematian setiap tahun. Di Kabupaten Banjar cakupan deteksi kanker serviks baru mencapai 2,84 persen per 15 Oktober 2024,” katanya.

Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan meluncurkan inovasi DePe Cantix (Desa Peduli Cancer Cervix) yang bertujuan mendorong perempuan usia 30-50 tahun untuk melakukan deteksi dini kanker serviks.

Ia mengajak seluruh ASN di lingkup Pemkab Banjar untuk aktif melakukan deteksi dini PTM dan IVA Test untuk pencegahan kanker serviks.


“Mulailah dari diri sendiri dan ajak keluarga serta masyarakat sekitar berpartisipasi dalam pemeriksaan kesehatan di Puskesmas dan Posbindu PTM terdekat. Deteksi dini dapat menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kualitas hidup,” ajak Fydayeen.

Selain isu kesehatan Akhmad Fydayeen juga menekankan pentingnya kerjasama yang telah disepakati dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel. Kesepahaman ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi dalam pembentukan dan pelayanan hukum, pengembangan budaya hukum serta pemenuhan hak asasi manusia di Kabupaten Banjar.


Usai apel dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan, trofi dan uang pembinaan oleh Pjs Bupati Banjar didampingi Sekda Banjar HM Hilman kepada pemenang lomba Posbindu PTM yaitu Terbaik 1 Posbindu Manggis Desa Tatah Pemangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar, Terbaik 2 Posbindu Amanah Desa Baliangin Kecamatan Sambung Makmur dan Terbaik 3 Posbindu Teratai Desa Mali-Mali Kecamatan Karang Intan.


Kemudian penyerahan pemenang lomba DePe Cantix yaitu Terbaik 1 Puskesmas Martapura 1 Desa Tanjung Rema Kecamatan Martapura, Terbaik 2 Puskesmas Martapura Barat Desa Sungai Rangas Kecamatan Martapura Barat, Terbaik 3 Puskesmas Kertak Hanyar Desa Manggis Kecamatan Kertak Hanyar.

Selain itu dilaksanakan Penandatanganan Kesepahaman Bersama antara Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel tentang Pembentukan Hukum, Pelayanan Hukum, Pengembangan Budaya Hukum, Penghormatan Pemajuan dan Pemenuhan HAM serta Pelayanan Pemasyarakatan di Kabupaten Banjar yang ditandatangani oleh Pjs Bupati Banjar Akhmad Fydayeen dan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Jumadi. (Media Center Banjar/Faidillah/Agusoke)


Komentar