Distan Gelar Rapat Koordinasi Tim Input e-RDKK Sekabupaten Banjar


Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pertanian terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memastikan ketersediaan pupuk subsidi bagi petani. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperkuat sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Sarana TPH, Perkebunan dan Peternakan, telah melaksanakan rapat koordinasi Tim Input e-RDKK Sekabupaten Banjar tahun 2024 serta penginputan data e-RDKK petani penerima pupuk subsidi tahun 2025 di Aula Distan pada Rabu (16/10/2024).

Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam memastikan distribusi pupuk subsidi dapat tepat sasaran dan efisien bagi petani di Kabupaten Banjar. Dengan adanya rapat koordinasi dan penginputan data e-RDKK ini, diharapkan informasi mengenai kebutuhan pupuk subsidi petani dapat tercatat dengan baik, sehingga proses pendistribusian pupuk subsidi tahun 2025 dapat berjalan lancar dan efektif. Ini juga membuktikan komitmen Dinas Pertanian Kabupaten Banjar dalam memberikan dukungan yang maksimal bagi petani dalam meningkatkan produksi pertanian mereka.

Kabid Sarana TPH, Perkebunan dan Peternakan, Nurul Chatimah menyampaikan “Nanti apa-apa yang perlu kita evaluasi dari pelaksanaan kegiatan pupuk bersubsidi tahun 2024, untuk perbaikan di tahun 2025. Harapannya rapat koordinasi dan penginputan data e-RDKK ini memberikan manfaat yang besar bagi petani penerima pupuk subsidi di Kabupaten Banjar. Dengan sinergi Dinas Pertanian dan Tim Input e-RDKK diharapkan sektor pertanian di wilayah tersebut dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah, ”pungkas Nurul.

Dengan e-RDKK diharapkan penyaluran pupuk subsidi dapat lebih tepat sasaran dan efisien. Petani pun dapat lebih tenang dalam menjalankan usahanya karena kebutuhan akan pupuk sudah terjamin.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasi Pengembangan Sarana Pertanian beserta stafnya dan Koordinator Balai beserta PPL Sekabupaten Banjar.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar