Inovasi Jajar Legowo, Harapan Baru Tingkatkan Produksi Beras di Karang Intan

MARTAPURA, InfoPublik - Usaha peningkatan produksi beras dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan penerapan teknologi budidayanya. Melalui program Terong Bangtani (Terus dorong kembangkan petani) BPP Karang Intan melaksanakan pelatihan teknologi tanam padi Jajar Legowo di Desa Lok Tangga Kecamatan Karang Intan, Senin (14/10/2024).

 

Abdul Basit selaku Penyuluh Swadaya dan juga inisiator kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 30 orang yang merupakan pengurus kelompok tani yang ada di Desa Lok Tangga. Kita akan aktifkan kembali 9 kelompok tani yang ada melalui kegiatan kegiatan seperti ini.

 

Pembakal Lok Tangga Nurul Huda mengatakan kegiatan ini menggunakan dana Ketapang Desa dimana nantinya petani diberi modal berupa bibit. Saprodi dan uang untuk mengaplikasikan sistem jajar legowo ini secara langsung dan target kita tahun depan kita bisa tanam 2 kali.

 

Saimin selaku Narasumber menyampaikan tentang teknik tanam jajar legowo 2:1 dan 4:1 mulai dari penyemaian, tanam, pemupukan hingga pengendalian terhadap hama dan penyakit.

 

Ditambahkan Sigit Triyanto selaku Koordinator BPP Karang Intan bahwa keuntungan dari jajar legowo ini adalah meningkatkan produktivitas padi, mempermudah pengendalian hama dan penyakit serta mempermudah pemupukan dan penyemprotan pestisida.

 

Nanti kita akan praktek secara langsung dan akan didampingi Mardiah selaku PPL desa Lok Tangga tutup Sigit,” ujarnya.

 

Pelatihan ini banyak diisi dengan diskusi tentang permasalahan petani di lapangan dan penyelesaian yang disampaikan  oleh para Penyuluh Pertanian. Semoga dengan teknologi ini produksi beras kita semakin meningkat. (Brigade Distan STR_79 / Syaripuddin)


Komentar