Ikuti Forum Komunikasi Tim P3DN, DKUMPP Banjar Komitmen Tingkatkan Penggunaan PDN

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam upaya meningkatkan sinergi antara Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan Tim P3DN tingkat Pemerintah Daerah, Kab/Kota, dan Badan Usaha, diselenggarakan Forum Komunikasi TIM P3DN Tahun 2024 oleh Kementrian Perindustrian, Kamis (10/10/2024).

Kalimantan Selatan dalam hal ini diwakili dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu .

Sekretaris Jenderal Kemenperin Eko S.A Cahyanto selaku Sekretaris Timnas P3DN mengatakan pada tahun 2022, jumlah Tim P3DN terbentuk sebanyak 593 tim dan mengalami peningkatan menjadi 659 tim pada tahun 2023.

"Kami berharap, di akhir tahun ini jumlahnya akan terus bertambah hingga mencapai 710 tim dari unsur Kementerian, Lembaga, BUMN, BUMD, hingga pemerintah daerah," ujarnya.

Menurut Eko tim P3DN harus mengambil langkah-langkah percepatan guna memastikan pencapaian target 95% pengadaan barang jasa pemerintah untuk PDN.

"Ada tiga langkah utama, Tim P3DN dapat melakukan pengendalian penggunaan produk impor, Tim P3DN juga diharapkan dapat secara konsisten melaksanakan Business Matching (BM) dan Tim P3DN memastikan bahwa program ini tepat guna dan tepat sasaran," jelasnya.
 

Sementara Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati menyampaikan komitmen menjalankan langkah-langkah percepatan tersebut guna Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) terutama bagi pelaku usaha daerah dan perusahaan-perusahaan daerah agar ikut serta dalam peningkatan PDN.

"Baru-baru ini Kabupaten Banjar menerima Insentif Fiskal Tahun Anggaran 2024 untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan Kelompok Kategori Kesejahteraan Masyarakat," ucap Made.
 
Dengan forum komunikasi ini, diharapkan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah semakin kuat dalam mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri demi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (AHMADI/brigade/dkumpp/2024)


Komentar