Dorong ke Pasar Ekspor, DKUMPP Fasilitasi Produk Lokal Promosi di Trade Expo Indonesia

JAKARTA, InfoPublik - Dalam rangka pengembangan ekspor, Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar menampilkan produk lokal pada Trade Expo Indonesia ke-39 di ICE, BSD, Tangerang. Fasilitasi promosi ini berkolaborasi dengan Indonesian Export Channel Regional Kalimantan.

Trade Expo Indonesia ke-39 diselenggarakan selama 4 hari yaitu dari tanggal 9 sampai dengan 12 Oktober 2024. Acara tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 9 Oktober 2024.
TEI Tahun 2024 mengusung tema “Build Strong Connection with The Best of Indonesia”. 

Kegiatan TEI meliputi product exhibition, international business seminar/forum, business matching dan business conseling serta penandatanganan kesepakatan dagang antara suppliers dan buyers.

Dalam kesempatan ini DKUMPP Fasilitasi produk olahan pangan untuk dipromosikan. Produk yang dipromosikan yaitu Kopi Datoe milik M. Fuad, Abon dan Kerupuk Ikan Gabus milik Ira Amniyah serta Keripik Pisang Al-Banna milik Hilmiyani.



Selama event tersebut berlangsung produk Kabupaten Banjar yang dipromosikan mendapat banyak perhatian dari pengunjung, seperti buyer dari Sudan dan Pakistan, serta diaspora Jepang. 

Selain itu, Kabupaten Banjar juga mengikuti Business Matching dengan Perusahaan Kopi Malaysia, delegasi Papua Nugini serta dengan pengusaha retail produk snack dan makanan olahan.

Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan bagi Kabupaten Banjar untuk mempromosikan produk lokal ke pasar internasional. 

"Hal ini karena TEI merupakan event bergengsi yang dikunjungi oleh berbagai kalangan seperti buyer, importir, buying agent, distributor, wholesaler, retailer, investor, asosiasi, akademisi serta pengunjung umum," ujar Made, Jumat (11/10/2024) di Jakarta.

Made menyampaikan harapannya yaitu dengan mengikuti event TEI ini dapat membawa manfaat bagi produk Kabupaten Banjar yaitu meningkatkan kualitas dan daya saing serta produk lokal dapat dikenal oleh masyarakat luas hingga menembus pasar ekspor.


Komentar