Karhutla di Desa Penggalaman, Hanguskan ± 1 Hektar Lahan

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar menerima informasi terjadi Kebakaran Lahan Hutan di Jalan Martapura Lama (Belakang SMK Ma'arif NU Martapura) Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat, Kamis (10/10/2024) pukul 13.51 wita.


Plh Kabid Pemadaman Penyelamatan dan Sapras DPKP Banjar Rudy Muzakir mengatakan, Petugas Damkar segera menuju lokasi membawa unit triton dan mesin pompa dikarenakan kondisi jalan yang sempit dan hanyar bisa dilalui mobil keci. 

"Kebakaran di sana beberapa meter lagi mendekati sekolah. Petugas Damkar yang menerima informasi dari WAG Emergency kemudian segera meluncurkan unitnya menuju lokasi," tutur Rudy.

Petugas Damkar melakukan Pemadaman dan Pembasahan bersamaTim Gabungan Karhutla BPBD Banjar, Relawan pemadam kebanaran dan masyarakat sekitar memadamkan kebakaran. Tidak luput juga PSC dan PMI bergabung untuk pencegahan adanya korban sesak nafas.

"Lahan yang habis terbakar sekitar ± 1hektar, ± 2 jam 30 menit kemudian api dapat dipadamkan, syukur tidak mengenai sekolahan tersebut," ungkap Rudy (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/PELETON1/SAY17)


Komentar