Traktor dan Combine Dijajal, Distan Asah Keterampilan Operator Alsintan


Dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Banjar, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui UPTD Mekanisasi Pertanian (Mektan) menggelar pelatihan operator alat mekanisasi pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Tahun 2024 di Aula Distan, Rabu (9/10/2024).

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 9 - 10 Oktober 20 ini dihadiri Kepala UPTD Mektan Ahmad Barkati beserta stafnya, operator alsintan 14 kecamatan Sekabupaten Banjar dan narasumber dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel Miswanto dan Reza.

Kegiatan dibuka langsung Ahmad Barkati dan pemparan materi oleh narasumber dilanjutkan praktek dihalaman dinas menggunakan alsintan.

Kedua narasumber berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai teknik pengoperasian alsintan yang benar, perawatan mesin, hingga troubleshooting jika terjadi kendala di lapangan.

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti setiap sesi. Mereka tidak hanya mendengarkan materi secara teori, tetapi juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktek langsung di lapangan.

Dengan didampingi oleh staf UPTD Mekanisasi Pertanian Satria, para peserta berkesempatan untuk mencoba berbagai jenis alsintan yang dimiliki Distan diantaranya traktor dan combine. Praktek langsung ini bertujuan agar para operator lebih memahami cara kerja alsintan dan dapat mengoperasikannya dengan baik dan benar.

UPTD Mektan Ahmad Barkati, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi para operator. “Dengan operator yang terampil, diharapkan penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) menjadi lebih efektif dan efisien,” ujarnya.
(Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar