Dinkes Banjar Gelar Pertemuan Peningkatan Kapasitas Petugas Mikroskopis Malaria 2024

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar Pertemuan Peningkatan Kapasitas Petugas Mikroskopis Malaria, di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Rabu (2/10/2024).

 

Kegiatan yang diselenggarakan Bidang P2P dilaksanakan selama dua hari dari 2 - 3 Oktober 2024. Diikuti dari Petugas Laboratorium Puskesmas, Rumah Sakit dan Labkesda se-Kabupaten Banjar

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar drg.Yasna Khairina, saat membuka acara menyampaikan bahwa kualitas pelayanan laboratorium malaria sangat diperlukan dalam menegakkan diagnosis dan sangat bergantung pada kompetensi dan kinerja petugas laboratorium puskesmas, rumah sakit serta laboratorium kesehatan swasta. 

 

“Tahun 2022 Kabupaten Banjar sudah mendapatkan sertifikat Bebas Malaria (Eliminasi Malaria). Namun dari tahun 2022, 2023 dan 2024 kita tetap masih menemukan kasus malaria di Kabupaten Banjar,” terang Yasna.

 

Lebih jauh Yasna menjelaskan, semua kasus positif malaria berasal dari impor/daerah lain di luar wilayah Kabupaten Banjar. Namun kita harus tetap selalu waspada walaupun sudah dinyatakan Bebas Malaria jangan sampai terjadi penularan di wilayah setempat/indigenous.

 

Sementara itu, Menurut Kabid P2P Marzuki, dengan adanya pertemuan ini semoga bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan mampu meningkatkan Kapasitas Petugas Mikroskopis Malaria ini.

 

“Semua peserta dapat/mampu dengan baik melaksanakan tugasnya sebagai petugas laboratorium mikroskopis malaria di wilayah kerjanya masing-masing karena Gold Standar diagnostik malaria yaitu dengan konfirmasi secara mikroskopis,” tegasnya.

 

Marzuki berharap malaria dapat didiagnosis dengan baik melalui pemeriksaan laboratorium sehingga kualitas pengobatan penyakit malaria dapat lebih meningkat.

 

“Sebagai petugas mikroskopis, tetap harus menjaga dan meningkatkan kualitasnya agar hasil pemeriksaan laboratorium lebih akurat,” tutupnya.


Komentar