Pelaku UMKM di Kecamatan Mataraman Ikuti Pelatihan Kemandirian Ekonomi

MATARAMAN, InfoPublik - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kecamatan Mataraman ikuti pelatihan Meningkatkan Potensi UMKM dorong Kemandirian Ekonomi, yang diselenggarakan Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar, di Balai Desa Bawahan Seberang, Rabu (2/10/2024).

Kepala Bidang Usaha Mikro Rudy Mulyadi mengatakan ditengah dorongan penguatan ekonomi lokal, DKUMPP Banjar luncurkan serangkaian program pelatihan mendukung para  pelaku usaha.

"Kegiatan ini bertujuan mendorong kemandirian ekonomi dan mengasah potensi bisnis yang dimiliki," ujarnya.

Adapun kegiatan ini mencakup beragam materi penting seperti manajemen keuangan, pemasaran, peningkatan kualitas produk, hingga strategi pengembangan usaha. Didukung oleh tenaga pengajar yang kompeten dan berpengalaman.

Para peserta pelatihan juga diajak untuk memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan yang diperlukan dalam mengelola usaha mereka.

Sementara Pambakal Desa Bawahan Seberang Fahmi Fauzi mengharapkan melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM dapat memperoleh pengetahuan baru yang bermanfaat, serta mampu mengimplementasikannya secara langsung dalam skala usaha masing-masing.

"Kolaborasi antara DKUMPP Kabupaten Banjar dan pemerintah desa memberikan harapan baru bagi perkembangan ekonomi lokal, sekaligus memperkuat daya saing UMKM di wilayah kecamatan Mataraman," ucapnya.

Fauzi menegaskan komitmen untuk terus memberikan dukungan dan pembinaan kepada UMKM menjadi cerminan nyata dari upaya bersama dalam membangun ekosistem usaha yang inklusif dan berkelanjutan. 

"Semoga pelatihan ini menjadi tonggak awal bagi kemajuan UMKM di Desa Bawahan Seberang, menciptakan dampak positif yang dirasakan secara menyeluruh dalam perekonomian lokal," tutupnya.


Komentar