Dorong Produk Unggulan, Dekranasda Banjar Tampilkan Kerajinan Lokal di INACRAFT 2024

JAKARTA, InfoPublik - Dalam rangka upaya mendorong promosi produk unggulan daerah, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) ikut serta berpartisipasi pada Pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAF) On October 2024 yang secara resmi dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (2/10/2024).

INACRAFT On October 2024 diselenggarakan selama 5 hari pada 2-6 Oktober 2024 mengusung tema “Youthpreneur: Make It at Market,” yang memberikan sorotan khusus pada pengembangan kewirausahaan muda di sektor kerajinan. Fokus ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan sektor ekonomi kreatif dan membawa produk-produk kriya Indonesia bersaing di pasar global.

Pembukaan INACRAFT On October 2024 yang merupakan pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini, ditandai dengan mewarnai batik oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki.



Teten Masduki menegaskan pentingnya peran generasi muda dalam mengembangkan produk kerajinan. 

“Wirausaha muda memiliki potensi besar dalam mengembangkan produk kriya Indonesia. Ini bukan hanya soal menghasilkan keuntungan, tapi juga memperkuat identitas budaya kita di pasar global,” ujar Teten.

Sementara itu Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati bersama jajaran juga ikut andil dalam pemeran menampilkan produk-produk unggulan Kabupaten Banjar.



“Kami sangat senang dan gembira bisa hadir dan ikut serta berpartisipasi pada event INACRAFT ini, selain untuk memperkenalkan produk-produk kerajinan unggulan," ucap Made.

Menurut Made event ini juga sebagai ajang promosi dan motivasi bagi IKM dan UMKM lokal untuk menambah ilmu dan wawasan mereka baik itu dalam hal pemasaran ataupun pengembangan produk kerajinan, sehingga mereka bisa mengembangkan produknya dan bisa bersaing dengan produk luar.

"Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat yang besar dan berkah agar pelaku IKM /UMKM kita terus maju, terus berinovasi dan pemerintah selalu mendukung serta memfasilitasi agar produk UMKM dapat bersaing dan diterima di Pasar Nasional dan Internasional," pungkasnya. (Ahmad Rifai'e / Brigade DKUMPP/InfoPublik /2024)


Komentar