Mudahkan Masyarakat, UPTD Sertifikasi Batu Mulia Luncurkan Aplikasi Simotiflia

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam upaya meningkatkan transparansi dan kemudahan akses informasi, UPTD Sertifikasi Batu Mulia, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Memo dan Sertifikat Batu Mulia (Simotiflia).

Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan masyarakat dan pelaku industri dalam melihat hasil memo dan sertifikat batu mulia yang telah dikeluarkan oleh UPTD Sertifikasi Batu Mulia. Aplikasi ini mulai dikembangkan sejak tahun 2023 dan setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan, uji coba dilakukan pada tahun 2024. 



Dengan Simotiflia, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi lengkap mengenai batu mulia yang telah mereka sertifikasi. Hanya dengan memindai Kode QR yang tertera pada memo atau sertifikat informasi terkait, seperti keaslian (natural), sintetik (Synthetic), palsu (simulant) jenis batu, berat (weight), bentuk (shape), potongan (cut) dan kejernihan (clarity), akan ditampilkan secara rinci. Hal ini memberikan jaminan dan kepercayaan lebih kepada para pembeli dan penjual batu mulia.

Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati menyampaikan dengan bangga memperkenalkan aplikasi Simotiflia, inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan kemudahan akses informasi bagi masyarakat.

"Simotiflia merupakan terobosan penting dalam layanan kami, memungkinkan masyarakat dan pelaku industri untuk dengan mudah memverifikasi keaslian dan keabsahan batu mulia yang mereka miliki hanya dengan memindai Kode QR pada memo atau sertifikat," terang Made, di Martapura, Kamis (3/10/2024).

Dikatakan Made aplikasi ini hadir sebagai jawaban atas tantangan di era digital, di mana kecepatan, akurasi, dan keamanan menjadi prioritas utama. Dengan fitur yang canggih, Simotiflia tidak hanya mempermudah proses verifikasi, tetapi juga memperkuat integritas perdagangan batu mulia di Kabupaten Banjar.

"Kami percaya bahwa aplikasi ini akan memberikan jaminan lebih kepada para pembeli dan penjual, mengurangi risiko peredaran batu palsu dan penipuan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui industri batu mulia yang lebih terpercaya," ujarnya.

Faizal Rahman menambahkan Simotiflia adalah bukti komitmen kami dalam melindungi para pecinta dan pelaku usaha batu mulia, sekaligus mendorong perkembangan industri ini di pasar global. 



"Kami mengajak semua pihak untuk memanfaatkan teknologi ini dalam setiap transaksi batu mulia, memastikan bahwa setiap sertifikat yang dikeluarkan oleh UPTD Sertifikasi Batu Mulia adalah sah dan terjamin mutunya," ajaknya.

Faizal berharap dengan adanya Simotiflia, kepercayaan masyarakat terhadap industri batu mulia semakin meningkat dan transaksi menjadi lebih aman dan transparan. Sebagai salah satu langkah konkret dalam meningkatkan pelayanan dan transparansi.

"Kami mengajak seluruh masyarakat, baik para kolektor, pedagang, maupun pecinta batu mulia, untuk memanfaatkan Simotiflia dalam memastikan bahwa setiap batu mulia yang dimiliki atau diperdagangkan memiliki sertifikat yang sah dan diakui," pungkasnya. (Fajar.Heru BK / Brigade DKUMPP /2024)


Komentar