Lima Sekolah di Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2024

MARTAPURA, InfoPublik - Lima sekolah di Kabupaten Banjar raih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang diserahkan Wakil Menteri LHK Alue Dohong di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Lima sekolah dimaksud antara lain MAN 3 Banjar, SDN Sungai Tabuk Kota 1, SMPN 2 Sambung Makmur, SMPN 2 Sungai Tabuk dan
SMPN 7 Karang Intan.

Wamen LHK Alue Dohong mengatakan, bahwa jumlah penerima penghargaan Adiwiyata meningkat sebesar 30,43 persen. Dari 552 sekolah tahun 2023 menjadi 720 sekolah pada tahun 2024.

720 sekolah tersebut terdiri dari 208 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dari 22 provinsi serta 512 sekolah yang mendapat Adiwiyata Nasional dari 31 provinsi.

“Peningkatan ini artinya semakin banyak sekolah yang menerapkan praktik dan perilaku ramah lingkungan di sekolahnya,” kata Alue.


Alue berharap perilaku ramah lingkungan yang dilaksanakan akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Dengan capaian dalam hal peningkatan kualitas lingkungan, Alue juga berharap hal itu dapat menjadi dasar percepatan Indonesia untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030, mempersiapkan bangsa menuju Indonesia Emas tahun 2045 serta karbon netral tahun 2060 atau lebih cepat.

Menurutnya, pada tahun 2024 dan seterusnya akan dilakukan pengembangan di mana akan lebih banyak lagi sekolah tingkat SD atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai SMA atau Madrasah Aliyah (MA) dan sederajat yang menerapkan dan membuat inovasi di dalam mendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS).


Komentar