Distan Banjar Sosialisasikan Perizinan Usaha Pertanian, Tingkatkan Produksi


Kabupaten Banjar memiliki sumberdaya dan potensi sector pertanian secara  yang besar, sehingga sangat penting keberadaan kios saprodi pertanian dalam hal penyediaan pupuk dan obat – obatan untuk menaikkan produksi pertanian di Kabupaten Banjar.

Demikian juga halnya dengan kios pengecer obat hewan dalam hal penyediaan pakan dan obat-obatan ternak, sangat penting keberadaannya dalam hal mendukung produksi hasil peternakan di Kabupaten Banjar. Dalam melakukan usaha tersebut penting untuk memiliki suatu legalitas/ izin usaha untuk keberlangsungan/pengembangan usahanya.

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Perizinan Pertanian menggelar sosialisasi perizinan berusaha berbasis risiko bagi kios saprodi pertanian dan pengecer obat hewan lainnya di Aula Distan, Rabu (2/10/2024).

Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Banjar dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Banjar untuk memberikan fasilitasi dan edukasi kepada masyarakat dan para Pelaku Usaha Pertanian secara umum mengenai pentingnya legalitas perizinan guna mendorong pengembangan/peningkatan usaha pertanian.

Kegiatan dihadiri Kabid Perizinan Usaha Pertanian Abdul Basyid beserta Kepala Seksi dan stafnya, narasumber Nida Elhaque dari DPMPTSP Banjar dan Bidang Keswan Kesmavet Distan drh Lulu Vilavardi, petani pelaku usaha pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Banjar melalui Kabid Perizinan Usaha Pertanian, Abdul Basyid dalam sambutannya sekaligus membuka acara "Untuk diketahui kios saprodi pertanian yang menyediakan pupuk dan obat - obatan di Kabupaten Banjar saat ini berjumlah 65 buah. Sedangkan kios pengecer obat hewan yang menyediakan pakan dan obat – obatan ternak secara bertahap akan dilakukan pendataan dan pembinaan juga dan sampai saat ini total sementara 21 buah,"ujar Basyid.

Lebih lanjut Abdul Basyid kepada para peserta sosialisasi, agar dapat mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sungguh-sungguh, sehingga lebih memahami dan dapat melaksanakan perizinan berusaha melalui OSS berbasis risiko dengan benar dan lancar. Kepada semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini, saya  mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan kerjasamanya,"pungkas Basyid.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar