Pelatihan Keterampilan Resmi Ditutup, DKUMPP Serahkan Sejumlah Bantuan Alat Produksi

BANJARBARU, InfoPublik - Pelatihan keterampilan teknis olahan pangan berbahan baku hasil perikanan resmi ditutup Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar I Gusti Made Suryawati, di Balai Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Jumat (27/9/2024).

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini dari 25 - 27 September 2024 menyasar 50 peserta di dua kecamatan yaitu Martapura dan Aluh Aluh.

Adapun hasil olahan yang mereka pelajari tentang pembuatan krupuk, abon, albumin berbahan baku ikan gabus dan pembuatan Trasi/Acan, Ebi serta krupuk berbahan baku udang. Dengan narasumber dari Lembaga Penelitian Pengembangan Masyarakat (LPPM) ULM.

Gusti Made mengatakan dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknisnya.

"Kita mengawal betul kegiatan pelatihan ini, dari rangkaian kegiatan pelatihan, baik pada saat pembukaan sampai penutupan pelatihan," ujar Made.

Made juga berpesan agar semangat kepada semua peserta pelatihan. Ia menerangkan pengentasan kemiskinan ekstrim adalah tanggungjawab semua komponen yang ada di Kabupaten Banjar. 

"DKUMPP salah satu komponen tersebut selalu bertekad mengentaskan kemiskinan sebagai mana tupoksi yang diemban," tegasnya.

Selain itu Made juga meminta kepada semua peserta yang telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang pengolahan pangan dari bahan baku hasil perikanan ini.



"Manfaatkan ilmu dan keterampilan dengan memproduksi produk olahannya dan dapat dipasarkan sehingga bisa menambahan pendapatan keluarganya. Dan DKUMPP akan terus mendampingi dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan bagi mereka dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Baik dari sisi  permodalan, kemudahan perizinan (NIB, SP-PIRT, Halal dan merek), pemasaran dan promosi serta  kemitraan dengan toko toko modern atau mini market," pesan Made.

Lanjut Made nantinya bantuan yang diberikan dapat digunakan sebagai modal awal dalam berusaha.

Diakhir kegiatan Kepala DKUMPP juga menyerahkan bantuan alat produksi kepada semua peserta berupa panci dandang, wajan, blender, satu set kompor gas berserta tabung dan transport. (Rudy Mulyadi - Rinda / Info Publik / 2024)


Komentar