Rambah Pelayanan ke Desa, Kepala DKUMPP Pimpin Tera Ulang di Pasar Terapung Lok Baintan

SUNGAI TABUK, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) kembali melaksanakan Pengawasan dan Tera Ulang timbangan milik pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk, Sabtu (28/9/2024).

Pengawasan ini langsung dipimpin Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati beserta jajarannya didampingi Pambakal Lok Baintan Bawaihi.

Made sapaan akrab Kadis DKUMPP ini menerangkan, dilaksanakan pengawasan dan tera ulang dalam rangka pilot project untuk aksi perubahan/ inovasi “Tembang Desa” (Tera Timbangan Ke Desa- Desa) yang dilaunching beberapa waktu lalu.

"Hari ini kita mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan, kenapa lokasi ini kita pilih (tanya Made?). Karena timbangan milik pedagang di lokasi tersebut belum pernah tersentuh layanan tera/ tera ulang," ujarnya.

Made menjelaskan bahwa standarisasi alat ukur dan layanan tera ulang harus merata sampai ke pelosok agar tidak ada kerugian yang dialami masyarakat Kabupaten Banjar dalam transaksi perdagangan menggunakan alat ukur dan timbangan.



Sembari pelaksanaan penteraan, dikesempatan ini juga diserahkan timbangan elektronik bagi pedagang di pasar terapung yang menerakan alat ukurnya oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian Kabupaten Banjar.

Lanjut Made pemberian timbangan elektronik ini merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap pedagang yang memiliki kesadaran untuk menera timbangan mereka. 

"Semoga dengan kegiatan ini, cakupan layanan tera dan tera ulang semakin luas, sehingga  Kabupaten Banjar yang tertib ukur dapat segera terealisasi," tutup Made. (Titin /Info Publik 2024)


Komentar