Peringati HUT Ke-79 TNI, Kodim Banjar Bersihkan Kawasan Pasar Batuah Martapura

MARTAPURA, InfoPublik  - Kodim 1006/Banjar kerahkan prajurit gabungan bersama Personil Polres Banjar, Mahasiswa STIKES Intan, DPRKPLH serta warga bekerjasama dengan Perumda Pasar Bauntung Batuah Martapura menggelar Karya Bakti TNI pembersihan Fasilitas Umum dipusatkan di kawasan Pasar Batuah Martapura Kabupaten Banjar, Jumat (27/9/2024).

Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, mengatakan kegiatan Karya Bakti dalam rangka memperingati HUT ke-79 TNI  Tahun 2024,  secara serentak di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke yang dilaksanakan oleh tiga matra TNI AD, AL dan AU.



"Memang betul kita kerahkan prajurit  satuan  angkatan darat yang ada di wilayah kodim 1006/Banjar yaitu  Yonif 623 dan Denzipur - 8/GM  kemudian  dari Polres Banjar  dari mahasiswa dan unsur masyarakat terkait lainnya bekerja sama dengan Perumda Pasar Bauntung Batuah  Martapura," ujar Dandim.

Dikatakan Dandim kegiatan pagi ini yang kita laksanakan fokus kepada dua titik yang ada di sekitar pasar Batuah Martapura ini yang mana. Pertama seperti kita lihat sekarang ini merupakan pasar yang baru terbakar.

"Kita melihat masih banyak puing-puing sisa-sisa kebakaran, memang kalau kita tidak laksanakan secara bergotong-royong dengan mengerahkan prajurit, sepertinya butuh waktu yang lama untuk membersihkan ini sehingga ini salah satu titik yang kita fokuskan di harapkan  untuk titik ini bisa dan harus selesai," ungkapnya.



Lebih lanjut Dandim menyampaikan, titik yang kedua kita melaksanakan pembersihan Jalan pembersihan jalan yang ada di pasar yang mana jalan tersebut itu dilalui oleh masyarakat sekitar pasar Batuah ini, juga parit, drainase yang masih terlihat sampah kotor ini juga kita angkat bersihkan.

"Fasilitas Umum seperti Pasar ini tetap terus terjaga Kebersihan karena Pasar merupakan tempat pertemuan berbagai lapisan masyarakat, sehingga menjaga kebersihannya adalah tanggung jawab kita bersama," terangnya.

Sementara Kepala Perumda Pasar Bauntung Batuah Martapura Rusdiansyah melalui Kabag Humas Gusti Andri menuturkan bahwa Karya Bakti TNI ini sangat membantu sekali bagi kami, khususnya PD Pasar Batuah.



"Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan kami berharap momen ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan, terutama di tempat-tempat umum seperti pasar," katanya.

Sekali lagi, Gusti Andri dan jajaran PD Pasar Batuah Martapura mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Komandan Kodim 1006/Banjar juga personilnya atas kerjasama pembersihan melalui kegiatan Karya Bakti HUT ke-79 TNI. (Media Center Banjar/Daus/Man)


Komentar