DKUMPP BANJAR IKUTI KONSULTASI PUBLIK 1 RENCANA DETAIL TATA RUANG (RDTR) DAN KAJIAN LINGKUNGAN HIDUP STRATEGIS (KLHS) WILAYAH PERENCANAAN SIMPANG EMPAT-MATARAMAN

Martapura Info Publik 24 / 09 /2024.Dalam rangka mendorong peningkatan investasi, ekonomi wilayah serta daya saing kawasan di Kabupaten Banjar dilakukan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan Simpang Empat-Mataraman yang dilaksanakan Dirjen Tata Ruang c.q Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II Kementerian ATR/BPN.

Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RDTR Wilayah Perencanaan Simpang Empat-Mataraman meliputi 2 kecamatan dan 11 desa yaitu Kecamatan Simpang Empat (desa Batu Balian, Cabi, Lok Cantung, Simpang Empat, Sungai Raya dan Sungkai). Kecamatan Mataraman (desa Bawahan Pasar, Bawahan Selan, Lok Tamu, Mataraman dan Simpang Tiga).

Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) di wakili oleh Kabid Kemetrologian dan Bina Usaha Ahmad Baehaqi mengikuti Konsultasi Publik (KP) 1 Penyusunan Materi Teknik (Matek) dan Rancangan Peraturan Kepala Daerah (Ranperkada) RDTR dan KLHS Wilayah Perencanaan Simpang Empat Mataraman di Kabupaten Banjar, bersama  dengan Instansi terkait Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Prov, Kalsel, Pemerintah Daerah Kab. Banjar, Forum Penataan Ruang Kab. Banjar, Perusahaan, Kementerian ATR/BPN Selasa (24/9/2024), yang dilaksanakan Luring dan Daring di Novotel Banjarmasin Airport Banjarbaru.

Dalam kegiatan tersebut pada sesi I, Tim Penyusun RDTR menyampaikan pemaparan Fakta Analisis serta Konsep Rencana Struktur Ruang dan Rencana Pola Ruang. Kemudian dilaksanakan sesi diskusi dan tanya jawab,yang dilanjutkan penyepakatan Berita Acara Muatan Fakta dan Analisis serta Berita Acara Konsep Rencana Struktur Ruang dan Rencana Pola Ruang.

Sesi II Pemaparan Tim Penyusun KLHS RDTR tentang Penjaringan dan Penetapan Isu Pembangunan Berkelanjutan. Kemudian dilaksanakan sesi diskusi dan tanya jawab, yang dilanjutkan dengan penyepakatan Berita Acara Isu Pembangunan Berkelanjutan Prioritas.

Pada akhir kegiatan dilakukan penandatangan Berita Acara Penyepakatan Konsep Struktur Ruang dan Pola Ruang serta Berita Acara Penyepakatan Isu Pembangunan Berkelanjutan Strategis menjadi Isu Pembangunan Berkelanjutan Prioritas oleh semua perwakilan peserta yang menghadiri kegiatan dimaksud secara luring.Penulis Ahmad Baehaqi / Info Publik / 2024.



Komentar