Jadi Target Utama, Kadistan dan BPP Sungai Pinang Tinjau Lokasi PAT Produksi Beras Merah

MARTAPURA, InfoPublik - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sungai Pinang bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Warsita melakukan peninjauan rencana lokasi lahan. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau persiapan lahan dalam rangka pelaksanaan Program Perluasan Areal Tanam (PAT) dengan sistem tumpang sisip tanaman padi gogo dan tanaman kehutanan di Desa Hakim Makmur Kecamatan Sungai Pinang, Kamis (26/9/2024). 

 

Program ini diharapkan dapat memperluas lahan pertanian dan meningkatkan produktivitas petani melalui optimalisasi penggunaan lahan, dengan kombinasi tanaman pangan dan kehutanan. Selain itu, kegiatan ini juga meninjau persiapan pengembangan beras merah yang direncanakan oleh Kelompok Tani Tetap Langgeng, di bawah pimpinan Ketua Saelan.

 

Warsita menyampaikan bahwa Program Perluasan Areal Tanam (PAT) ini memiliki peran penting dalam meningkatkan ketahanan pangan lokal dan meningkatkan kesejahteraan petani.

 

"Melalui pola tumpang sisip, kami berupaya untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa merusak ekosistem yang ada," ujarnya.

 

Ketua Kelompok Tani Tetap Langgeng, Saelan, menyatakan kesiapannya mendukung program ini dengan mengoptimalkan lahan yang ada.

 

“Kami berharap, dengan dukungan dari Dinas Pertanian dan BPP, kami bisa meningkatkan produksi beras merah dan hasil pertanian lainnya,” kata Saelan.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan diskusi teknis mengenai persiapan lahan dan langkah-langkah pengembangan beras merah, yang direncanakan akan disertai pelatihan bagi petani dalam waktu dekat. (Brigade Distan MM_bpp.sp)


Komentar