BPP Cintapuri Darussalam Latih Petani Budidaya Cabai Dalam Polybag

MARTAPURA, InfoPublik - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Cintapuri Darussalam kembali melaksanakan pelatihan tematik dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik. Adapun tema yang diangkat tentang budidaya hortikultura di lahan pekarangan di Aula BPP Cintapuri Darussalam, Kamis (26/9/2024). 

 

Sasaran dari pelatihan ini sejumlah 25 orang petani dari beberapa Desa di Kecamatan Cintapuri Darussalam. Pemateri dalam pelatihan ini Petugas POPT, Muhammad Yasin Sudarwiyanto menjelaskan berbagai jenis manfaat yang bisa diambil dari tanaman pekarangan.

 

Di antaranya, selain untuk mencukupi kebutuhan pangan rumah tangga, khususnya dari jenis hortikultura, juga dapat memperindah lingkungan tempat tinggal. 

 

Selanjutnya pemateri memperdalam tentang budidaya cabai dalam polybag, dari penyemaian sampai penanganan OPT. Untuk memperjelas materi yang telah disampaikan, peserta kemudian diajak untuk praktek langsung, mulai dari persiapan media tanam berupa tanah-pupuk kandang-sekam bakar, peletakan benih di tray semai, sampai pemindahan bibit siap tanam ke media polybag. 

 

Koordinator Cintapuri Darussalam, Edy berharap dengan adanya ilmu yang didapat dari pelatihan ini peserta terpacu untuk berbudidaya tanaman dilahan pekarangan mereka.

 

"Melalui pelatihan ini, kami ingin mendorong masyarakat untuk lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Selain itu, budidaya hortikultura juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat,"ujar Edy. 

 

Turut dalam kegiatan ini Koordinator BPP dan PPL Cintapuri Darussalam, POPT serta para petani peserta pelatihan. (Brigade Distan ESCD/24, Syaripuddin)


Komentar