BPP Simpang Empat Monitoring Kacang Hijau di Poktan Karya Bersama Desa Tanah Intan

MARTAPURA, InfoPublik - Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi nasi. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan green gram, mung bean, golden gram, dan nama ilmiah Vigna Radiata. 

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Simpang Empat melaksanakan kegiatan monitoring tanaman kacang hijau di kelompok tani Karya Bersama Desa Tanah Intan Kecamatan Simpang Empat, Rabu (25/9/2024). 

Kegiatan ini merupakan langkah yang sangat positif dan penting dalam mendukung pengembangan pertanian di wilayah tersebut. Kehadiran Koordinator BPP dan PPL Simpang Empat serta kelompok tani Karya Bersama Desa Tanah Intan dalam kegiatan monitoring tersebut menunjukkan komitmen dan kerjasama yang baik dalam memantau perkembangan tanaman kacang hijau. 

Koordinator BPP Simpang Empat, Marwiah mengatakan monitoring ini berlangsung di kebun dengan luasan panen 11 borong. 

"Frekuensi panen 3 hari sekali, hasil panen 5 kali panen atau 30 Kg dengan harga jual Rp. 20.000/Kg,"ujar Wiwi. 

Tambah Wiwi, ada beragam keunggulan dan manfaat kacang hijau, mulai dari harganya yang murah hingga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat. Selain itu, kacang hijau juga baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

"Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan," katanya.

Selain itu, menurut Wiwi kacang hijau juga mengandung beragam nutrisi, seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium. Beragam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C dan vitamin E.

Monitoring tanaman ini sangat penting untuk memastikan bahwa tanaman tumbuh dengan baik, mencegah serta mengatasi masalah hama dan penyakit yang mungkin muncul, serta memberikan rekomendasi yang tepat untuk perawatan lebih lanjut. 

Dengan adanya kegiatan monitoring seperti ini, diharapkan hasil pertanian kacang hijau di kelompok tani Karya Bersama Desa Tanah Intan dapat meningkat dan memberikan manfaat yang optimal bagi para petani. Selain itu, kolaborasi antara PPL dan kelompok tani juga dapat menciptakan sinergi yang positif dalam pengembangan sektor pertanian di wilayah tersebut. (Brigade Distan Marwiah / Syaripuddin) 


Komentar